Sejumlah Makanan yang Membantu Pembentukan Otot

    Raka Lestari - 12 Desember 2019 16:19 WIB
    Sejumlah Makanan yang Membantu Pembentukan Otot
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Jika Anda ingin mendapatkan bentuk otot yang diinginkan, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi lebih banyak protein. Protein biasanya identik dengan daging ayam, namun tidak hanya daging ayam saja karena ada beberapa makanan lain yang juga bagus untuk pembentukan otot Anda.

    Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang baik untuk pembentukan otot Anda:

    -Kacang kedelai

    Kedelai merupakan salah satu makanan dengan sumber protein tinggi. Kedelai dapat juga ditemukan dalam bentuk susu kedelai, tempe, miso, dan tahu.

    “Tahu mengandung 10 gram protein per cangkirnya. Dan semakin padat tahu tersebut, semakin banyak juga proteinnya,” ujar Lisa Davis, PhD, chief nutrition officer di Terra’s Kitchen.

    Sejumlah Makanan yang Membantu Pembentukan Otot

    Kedelai juga kaya akan magnesium, nutrisi yang dibutuhkan untuk metabolisme energi. Terutama ketika Anda memompa zat besi untuk membentuk otot.

    -Jambu biji

    Dr Davis mengatakan bahwa satu buah jambu biji bisa menghasilkan 4,2 gram protein. Selain itu, karena jambu biji juga kaya akan vitamin C, maka mengonsumsi jambu biji merupakan cara yang baik untuk menangkis tanda-tanda penuaan kulit. Sebab meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit terlihat halus. Makanan yang dikemas dengan vitamin C juga meningkatkan sirkulasi darah Anda.

    -Greek yogurt

    Mendapatkan kalsium yang cukup juga penting ketika Anda membangun otot. Sebab Anda membutuhkan tulang yang kuat untuk menahan otot dengan baik.

    "Kalsium memainkan peran penting dalam kontraksi dan relaksasi otot-otot Anda," ujar Krissy Kendall, PhD, dari bodybuilding.com.

    Greek yogurt sendiri mengandung hampir dua kali lipat protein yogurt biasa, ditambah lagi ia memiliki probiotik yang ramah usus dan kalsium penguat tulang.

    -Quinoa

    Quinoa unik karena merupakan salah satu dari sedikit makanan nabati yang mengandung protein lengkap. Quinoa dikemas dalam 8 gram protein per cangkir dan merupakan sumber serat dan zat besi yang baik untuk pembentukan lengkap.

    Sejumlah Makanan yang Membantu Pembentukan Otot

    "Protein lengkap mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda, tetapi tidak dapat diproduksi sendiri," kata Dr Davis.

    -Salmon

    Kita tahu bahwa kebanyakan makanan laut adalah sumber protein yang baik. Tetapi salmon merupakan salah satu yang terbaik karena mengandung asam lemak omega-3.

    Asupan omega-3 yang memadai, dikombinasikan dengan olahraga teratur telah terbukti mengurangi lemak tubuh lebih dari sekadar berolahraga saja.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id