Manfaat Pho Mie Asal Vietnam

    Raka Lestari - 21 Maret 2020 18:05 WIB
    Manfaat Pho Mie Asal Vietnam
    Pho merupakan salah satu makanan khas Vietnam yang saat ini sudah cukup banyak ditemukan di Indonesia. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Pho merupakan salah satu makanan khas Vietnam yang saat ini sudah cukup banyak ditemukan di Indonesia, khususnya di Jakarta. Pho yang dihidangkan dengan kuah hangat merupakan alternatif pilihan untuk disantap terlebih ketika cuaca sedang hujan.

    “Pho berasal ratusan tahun yang lalu di Vietnam dan dimulai sebagai makanan jalanan yang sederhana,” kata ahli gizi Tessa Nguyen, RD, pendiri Taste Nutrition Consulting, seperti dilansir Womens Health.

    ”Secara tradisional, Pho merupakan sup kaldu daging sapi aromatik yang disajikan dengan mie beras, potongan daging sapi, dan banyak rempah segar,” imbuhnya.

    Kualitas Pho bergantung pada kualitas kaldu yang dipakai. Nguyen mengatakan bahwa pada umumnya Pho dibuat dengan merebus tulang sapi panggang dengan bawang yang dibakar, daikon, jahe, dan rempah-rempah aromatik seperti kembang lawang, kayu manis, biji ketumbar, dan cengkeh selama setidaknya 24 jam.

    Setelah selesai, kaldu dituangkan di atas irisan tipis daging sapi mentah dan mie beras. Kemudian bisa ditambahkan dengan garnish yang disukai seperti irisan daun bawang, daun ketumbar, irisan cabai, tauge, dan jeruk nipis. Bumbu seperti kecap ikan, kecap asin, kecap hoisin, dan Sriracha bisa ditambahkan sebagai finishing

    "Pho telah dinikmati oleh keluarga Vietnam selama berabad-abad," kata Nguyen.

    "Setiap keluarga memiliki resep yang berbeda dan bagaimana mereka menyajikannya juga bervariasi. Pho tidak diciptakan untuk menjadi makanan diet,” terangnya. 

    Mengingat hal tersebut, setiap porsi Pho memiliki jumlah kalori yang bervariasi tergantung pada ukuran mangkuk yang Anda makan. "Berapa banyak mie yang Anda tambahkan, dan protein apa yang Anda gunakan (seperti potongan daging sapi atau udang), kata Nguyen," imbuhnya. 

    “Selain itu, apakah Anda memasak Pho di rumah, memesannya di restoran, atau makan versi yang sudah dikemas sebelumnya juga memengaruhi berapa banyak kalori yang akan Anda makan,” ujar Nguyen. 

    Ia juga menambahkan, secara teori, Pho adalah hidangan yang baik karena mengandung semua komponen yang Anda butuhkan seperti karbohidrat sehat, protein, dan lemak.” “Selain protein, daging sapi di Pho tradisional juga menyediakan vitamin B, seng, dan zat besi,” kata Nguyen.

    Dan tergantung pada bumbu dan sayuran apa yang Anda tambahkan ke mangkuk, Anda juga mendapatkan serat dan vitamin lainnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id