Cerita Unik di Balik Dalgona Coffee

    Raka Lestari - 09 April 2020 14:36 WIB
    Cerita Unik di Balik Dalgona Coffee
    Dalgona Coffee punya cerita panjang sebelum akhirnya dibuat dari kopi. (Foto: Claudiu Hegedus/Unsplash.com)
    Jakarta: Akhir-akhir ini media sosial ramai dengan salah satu minuman kekinian yang berasal dari Korea yaitu Dalgona Coffee. Banyak orang memposting mengenai bagaimana cara membuat dalgona coffee tersebut. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman tersebut cukup sederhana, yaitu kopi instan, gula, air dan susu.

    Meskipun minuman ini sudah banyak dikenal, tetapi tidak banyak orang yang mengetahui bahwa dalgona atau ppopgi dalam bahasa Korea memliki arti “sarang madu” atau gulali yang merupakan jajanan kesukaan bagi anak-anak yang ada di Korea.

    “Ketika saya masih kecil, saya ingat ada banyak orang tua yang menjual permen gulali ini,” ujar Kenny Hong Kyoung-soo, salah satu pendiri Cafe Cha di Seoul. 

    “Saya memakannya hampir setiap hari sepulang sekolah. Gulali ini sangat murah, hanya gula dan air, dan mereka memiliki rasa yang sangat manis, diikuti dengan rasa pahit setelahnya.”

    Dikutip dari South China Morning Post, jajanan ini sangat terkenal di Korea Selatan pada tahun 1970 - 1980 sebelum berbagai macam restoran cepat saji dibuka di negara itu pada tahun 1988. 

    Cerita Unik di Balik Dalgona Coffee
    (Jung Il woo membuat Dalgona Coffee di Macau. Foto: Dok. YouTube Jung II-woo Delights)

    Dalgona coffee punya cerita 

    Hong mengatakan bahwa dalgona pertama kali dibuat pada masa perang Korea (1950 - 1953), di mana personel Angkatan Darat Amerika Serikat memberikan gulali kepada anak-anak. 

    Pada saat itu, orang tua di Korea Selatan tidak dapat membelikan anak-anak gulali asal Amerika Selatan, sehingga para orang tua membuat gulali versi mereka sendiri.

    Dalgona sendiri dibuat dengan mencampurkan gula dan air dan merebusnya sampai kedua bahan tersebut berubah menjadi sedikit kekuningan. 

    Setelah itu tambahkan baking soda, sampai menghasilkan karbon dioksida. Gula yang sudah cair tersebut akan mengembang dan mengeras, menjadi permen yang renyah dan ringan.

    Dalgona coffee sendiri mulai terkenal pada Januari lalu ketika aktor terkenal Korea Selatan, Jung Il Woo mencoba mempraktikkan bagaimana membuat dalgona coffe yang dimodifikasi. 

    “Anda bisa menemukan resepnya dari YouTube, tetapi memang Jung Il Woo membuatnya dengan kopi instan, dengan gula dan air, yang kemudian diaduk sampai bahan-bahan tersebut menjadi seperti busa,” ujar Hong.

    “Kami senang mengetahui bahwa sekarang ada banyak orang yang mengetahui tentang dalgona coffe, tetapi banyak orang terutama yang bukan berasal dari Korea Selatan tidak mengetahui bagaimana dalgona yang asli dibuat,” tutupnya.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id