Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah, Menu Menggoda Berbuka Puasa

    A. Firdaus - 22 Mei 2019 16:56 WIB
    Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah, Menu Menggoda Berbuka Puasa
    Foto Ilustrasi: Derick McKinney/Unsplash)
    Ikan Tilapia atau yang lebih dikenal dengan ikan Nila hanya hidup di air tawar. Ikan ini mudah diolah dan diperoleh, serta tinggi protein. Jadi ikan Tilapia ini pantas menjadi menu sahur atau berbuka puasa Anda.

    Jakarta: Demi menyesuaikan perubahan waktu makan pada bulan puasa, sudah sepatutnya untuk mendapatkan asupan gizi seimbang. Tentunya agar semakin menyempurnakan ibadah puasa yang kita jalani sebulan penuh.
    Para ahli gizi menyarankan agar mengonsumsi ikan sebagai menu sahur dan berbuka. Selain mudah diolah dan dicerna, ikan juga kaya akan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.

    Menu olahan ikan sendiri sangat beragam. Ada yang enak kalau digoreng seperti ikan Bandeng, atau ikan Kue yang lebih cocok dikonsumsi apabila dibakar.

    Akan tetapi hanya beberapa jenis ikan yang bisa diolah secara beragam, tapi tetap enak jika dimakan. Salah satunya ikan Tilapia, atau sering disebut dengan ikan Nila.

    Tilapia sebenarnya adalah nama umum untuk menyebut ratusan spesies ikan cichlid dari suku tilapiine cichlid. Di Indonesia, selain bisa ditemukan di alam liar, ikan tilapia juga termasuk komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di danau dan waduk air jernih.

    Ikan yang hidup di air tawar ini selain mudah diolah, juga mudah diperoleh. Selain itu ketika dimasak masih tinggi protein dan rendah lemak.

    Manfaat dari ikan Tilapia ini juga beragam. Mengonsumsi ikan ini dapat membantu mencegah atau meminimalisir risiko terkena kanker prostat. Itu karena didukung oleh kandungan selenium yang mampu menghambat radikal bebas.

    Selain itu, ikan Tilapia juga mengandung kalium dan omega-3, sehingga baik untuk kesehatan otak dan kesehatan jantung, mencegah penuaan dini, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Tertarik untuk mencobanya? Berikut kami berikan resep salah satu olahan ikan Tilapia yang dilansir dari Regal Springs, salah satu produsen ikan Tilapia terbesar di dunia.

    Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah, Menu Menggoda Berbuka Puasa

    Fillet Tilapia Bakar Sambal Matah
    Bahan:
    6 potong    Fillet ikan Tilapia

    1 buah       Jeruk nipis

    Garam secukupnya

    Sambal Matah:
    8 buah       Cabai rawit merah, iris

    8 buah       Cabai rawit hijau, iris

    5 siung       Bawang merah, iris tipis

    2 batang    Serai, iris

    5 lembar    Daun jeruk, iris

    ½ sdt          Garam

    ½ sdt          Gula pasir

    50 ml         Minyak goreng

    Cara membuat:
    Sambal: campur cabai, bawang, serai, daun jeruk, garam dan gula pasir ke dalam wadah tahan panas lalu aduk rata, kemudian siram dengan minyak goreng panas. Angkat dan sisihkan.
    Lumuri fillet ikan Tilapia dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap, kemudian panggang di atas pan antilengket hingga kecoklatan.
    Sajikan dengan sambal matah di atasnya.

    Disajikan untuk enam porsi

    Iftar - Dadar Isi Vla




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id