Resep Nugget Sehat Mudah Dibuat

    Sunnaholomi Halakrispen - 12 Mei 2020 14:37 WIB
    Resep Nugget Sehat Mudah Dibuat
    Resep nugget ini dijamin yummy dan sehat. Cocok untuk si kecil atau keluarga Anda berbuka puasa. Jika Anda sedang diet bisa diganti proteinnya dengan tempe atau tahu. (Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
    Jakarta: Tidak sedikit anak-anak menyukai frozen food. Namun, orang tua kerap kali khawatir anak-anak mereka mengonsumsi produk makanan yang terdapat pengawet di dalamnya. 

    Salah satu produk frozen food ialah nugget. Makanan yang bisa dijadikan pendamping nasi atau lauk ini juga bisa dijadikan camilan, disukai anak-anak hingga orang dewasa. 

    Solusi terbaik mengonsumsi nugget tanpa khawatir bahan buatannya adalah dengan memasaknya sendiri. Berikut resep nugget sehat yang mudah dibuat dan cocok untuk semua orang denagan berbagai usia, bahkan orang yang sedang menjalani diet sehat.

    Bahan:

    250 gram daging ayam giling
    4 sendok makan tepung tapioka
    2 wortel ukuran sedang cincang halus
    2 batang daun seledri
    1 butir telur
    2 siung bawang putih, haluskan
    Garam dan gula pasir sesuai selera
    Merica atau lada bubuk secukupnya

    Resep Nugget Sehat Mudah Dibuat
    (Cocol dengan saus atau cabai kesukaan Anda. Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

    Pelapis:

    1 butir telur, dikocok lepas
    100 gram tepung panir atau tepung roti

    Cara membuat:

    1. Campurkan ayam giling, wortel, bawang putih, daun seledri, telur, garam, gula pasir, merica bubuk, dan tepung tapioka. Kemudian, aduk perlahan hingga adonan tercampur rata.
    2. Tuang adonan tersebut ke dalam loyang, bisa dengan loyang kotak maupun yang berbentuk bulat. Kukus adonan selama 20 menit atau hingga matang, angkat adonan itu, dan dinginkan di suhu ruang.
    3. Cetak adonan menjadi bentuk bulat atau kotak, sesuai selera kreativitas Anda. Bisa dengan memotongnya menggunakan pisau, bisa dibulatkan dengan tanggan seperti bola-bola, atau menggunakan cetakan kue kecil.
    4. Setelah dibentuk, celupkan adonan ke dalam telur yang telah dikocok lepas. Kemudian, gulingkan di atas tepung roti hingga rata.
    5. Jika ingin segera menyantapnya, goreng dalam minyak panas hingga matang dengan api kecil, angkat, dan sajikan. Namun, jika Anda ingin menyantapnya nanti, simpan nugget di dalam lemari es dan goreng ketika nanti ingin menikmatinya.

    Sementara itu, jika Anda menjalani diet protein hewani atau vegetarian, daging ayam bisa diganti dengan 500 gram tempe atau tahu yang dihaluskan. Bisa juga tambahkan jamur tiram yang dihaluskan. Hm, yummy! Selamat mencoba ya.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id