Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

    Gervin Nathaniel Purba - 11 Juli 2019 07:00 WIB
    Persiapan Sebelum Mendaki Gunung
    Ada banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum mendaki gunung.
    Jakarta: Mendaki gunung tidak semudah seperti kelihatannya. Kegiatan ini penuh tantangan dan memerlukan fisik yang prima.

    Ada banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum mendaki gunung. Termasuk keterampilan membaca peta, mengenali tanda alam, dan cuaca.

    1. Persiapan dan Perencanaan

    Luangkan waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan pendakian. Pastikan sebelum naik gunung, Anda melakukan riset dan mencari tahu informasi mengenai situasi di gunung. Hal ini berguna untuk mengukur kemampuan Anda.

    2. Persiapan Fisik

    Sebelum mendaki gunung, lakukan serangkaian latihan fisik. Berlari, berenang, dan aerobik akan sangat membantu melatih stamina. Olahraga angkat beban juga baik untuk membangun massa otot. 

    3. Konsultasikan dengan Dokter

    Konsultasi dengan dokter sangat penting sebelum mendaki gunung. Sebab, mendaki gunung tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita penyakit jantung, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru, atau mereka yang pernah riwayat medis mengidap kedua penyakit tersebut.

    4. Amati Cuaca

    Sebelum memulai perjalanan mendaki gunung, pastikan Anda mendapatkan ramalan cuaca setempat. Jangan ragu untuk menunda jika cuaca tak mendukung karena akan sulit untuk mundur kembali ketika sudah berada di rute pendakian.

    5. Perlengkapan dan Pakaian

    Persiapan sebelum mendaki gunung termasuk memastikan Anda memiliki perlengkapan dan pakaian yang sesuai. Periksa kembali setiap barang yang akan dibawa dalam kondisi bagus dan berfungsi dengan baik. 

    6. Perlengkapan Medis

    Obat-obatan pribadi maupun kotak P3K jangan sampai tidak dimasukkan ke dalam tas sebelum mendaki gunung. Anda tidak mungkin turun gunung dalam waktu sekejap untuk mencari apotek.

    7. Persediaan Makanan Cukup

    Sebelum mendaki gunung, pastikan untuk membawa banyak makanan dan air minum. Siapkan juga stok camilan Fitchips untuk mengisi energi pada sela-sela pendakian. 

    Fitchips dibuat tanpa penguat rasa/MSG, pengawet, pewarna dan pemanis buatan (4P). Rasa asin pada Fitchips didapat dari garam yang juga berfungsi sebagai pengawet alami. 

    Makanan ini terbuat dari multigrain atau biji-bijian bernutrisi yang kaya serat, yakni oat, quinoa, whole wheat (gandum utuh), dan jagung. 

    Fitchips hadir dalam tiga varian untuk Anda nikmati sesuai selera, yakni honey BBQ, seaweed, dan yang terbaru cheese & herbs.




    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id