Makanan Sehat Tanpa Menambah Berat Badan

    Sunnaholomi Halakrispen - 21 Juni 2019 18:15 WIB
    Makanan Sehat Tanpa Menambah Berat Badan
    Telur merupakan bahan makanan yang sangat sehat dan tinggi dalam beberapa nutrisi penting--Pexels
    Diet yang efektif yaitu mengkonsumsi makanan yang jumlah kalori paling sedikit, namun mampu membuat Anda kenyang. Ada beberapa makanan yang direkomendasikan agar diet anda berjalan sukses.


    Jakarta:
    Salah satu nasihat yang sering diberikan kepada pelaku diet ialah makan sampai Anda merasa kenyang. Masalahnya, makanan yang berbeda dapat memiliki efek yang sangat berbeda pada rasa lapar dan kenyang.

    Misalnya, 200 kalori dari dada ayam mungkin membuat Anda merasa kenyang, tetapi butuh 500 kalori kue untuk memiliki efek yang sama. Jadi, penurunan berat badan bukan hanya soal makan sampai Anda merasa kenyang, melainkan tentang memilih makanan yang tepat yang membuat Anda merasa kenyang dengan jumlah kalori paling sedikit.

    Apabila Anda memilih makanan yang membuat kenyang tanpa memerhatikan kandungan lemak jenuh, protein, dan lainnya, berat badan Anda mudah bertambah. Berikut makanan sehat yang tidak berisiko menambah bobot Anda, seperti disitat healthline.

    1. Kentang Rebus

    Karena kandungan karbohidratnya yang lebih tinggi, banyak orang menghindari kentang ketika mencoba menurunkan berat bada. Tetapi sebenarnya tidak juga demikian.

    Kentang utuh mengandung vitamin, serat, dan nutrisi penting lainnya. Kentang juga mengandung jenis pati tertentu yang disebut pati resisten.

    Pati resisten mengandung setengah kalori dari pati biasa. Dalam sistem pencernaan Anda, hal ini berfungsi seperti serat larut, membantu Anda merasa kenyang.

    Menariknya, mendinginkan kentang setelah dimasak meningkatkan kandungan pati yang resisten. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa pendinginan dan pemanasan ulang kentang beberapa kali terus meningkatkan efek penekan rasa lapar.

    Sementara kentang rebus adalah makanan yang paling memuaskan diuji, keripik kentang goreng ditemukan tiga kali lebih sedikit mengisi kekosongan rasa lapar perut. Kentang goreng pun tidak dianggap ramah penurunan berat badan.
    Makanan Sehat Tanpa Menambah Berat Badan
    Kentang utuh mengandung vitamin, serat, dan nutrisi penting lainnya--Pexels

    2. Telur

    Telur merupakan bahan makanan yang sangat sehat dan tinggi dalam beberapa nutrisi penting. Sebagian besar nutrisi, termasuk sekitar setengah dari protein telur, ditemukan dalam kuning telur.

    Telur adalah protein lengkap, artinya mengandung semua sembilan asam amino esensial. Selain itu, juga sangat mengenyangkan perut. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan lebih puas dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.

    3. Oatmeal

    Oatmeal bisa dikatakan sebagai bubur atau sereal hangat yang sering dikonsumsi untuk sarapan. Makanan ini sangat mengenyangkan, karena adanya kandungan serat yang tinggi dan kemampuan untuk menyerap air.

    Jika dibandingkan dengan sereal sarapan siap saji, oatmeal lebih baik dalam menekan nafsu makan, meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari.

    4. Ikan dan daging

    Ikan yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan rasa kenyang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Juga sarat dengan protein berkualitas tinggi, yang dikenal sangat mengenyangkan.

    Faktanya, skor ikan lebih tinggi dari semua makanan kaya protein lainnya pada indeks kenyang dan menempati urutan kedua dari semua makanan yang diuji. Bahkan, ketika dibandingkan dengan daging ayam dan daging sapi.

    Sedangkan, daging tanpa lemak tinggi protein dan sangat mengenyangkan. Daging sapi mendapat nilai tertinggi kedua dari semua makanan kaya protein pada indeks kenyang, tetapi daging tanpa lemak lainnya seperti ayam dan babi juga ramah penurunan berat badan.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id