Nirwana Biru Pantai Liman

    Arthurio Oktavianus Arthadiputra - 21 Juni 2020 14:19 WIB
    Nirwana Biru Pantai Liman
    Pasir putih dan air nan biru membuat Pantai Liman bak nirwana yang patut ditelusuri. (Foto: Arthurio Oktavianus)
    Kupang: Berdiri di atas bukit sambil memandang lepas pantai yang luas menjadi keasyikan tersendiri bila Anda berada di Pantai Liman. Pesona biru air menjadikan pantai ini bak nirwana yang harus ditelusuri setiap lekuk indahnya.

    Sebagai wilayah kepulauan, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki banyak destinasi pantai nan indah. Bila Anda menjejak di Kupang, pintu gerbang provinsi sasando ini, coba meluncur ke Pantai Liman. Meski harus menyeberang pulau terlebih dahulu, pesona Pantai Liman akan membuat Anda tak mau beranjak.

    Berada di Pulau Semau, nirwana biru Pantai Liman tersimpan. Bila beruntung dan sedang musim panen, Anda bisa membeli manga dan bawang merah kepada penduduk setempat. Hasil kebun yang tumbuh subur di tanah kering pulau ini.

    Jarak tempuh yang jauh bukanlah halangan untuk mengeksplor Pantai Liman. Melintasi jalan desa yang masih ala kadarnya, menjadi tantangan tersendiri menguji adrenalin. Sambil menikmati hamparan pohon duri dan pohon lontar yang terhampar sepanjang perjalanan.

    Nirwana Biru Pantai Liman
    (Pengunjung bermain ombak di tepi Pantai Liman yang indah dan mempesona mata setiap orang yang memandang. Foto: Arthurio Oktavianus)

    Menyeberang pulau

    Anda yang ingin menikmati pesona Pantai Liman harus berjibaku dengan ombak terlebih dahulu. Dari Kota Kupang, langsung menuju pelabuhan Bolok untuk naik Feri penyeberangan atau pun pelabuhan Tenau menggunakan kapal kayu.

    Sekitar 30 menit, Anda akan tiba di pelabuhan Onan Batu di Pulau Semau. Lalu, harus menempuh perjalanan darat sepanjang 40 kilometer menyeberangi pulau untuk tiba di Pantai Liman, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. 

    Pantai Liman berada di Desa Uitiuhtuan, Semau Selatan, Kabupaten Kupang, NTT. Kecamatan Semau Selatan terdiri atas enam desa: Desa Onansila, Akle, Uitiuhana (Oetefu Kecil), Uitiuhtuan (Oetefu Besar), Naikean dan Uiboa. 

    Saat di Pantai Liman, sinyal telepon selular operator tertentu saja yang berfungsi. Namun, kebanyakan tanda garis sinyal akan menghilang dari layar selular tanpa meninggalkan jejak, untuk semua operator selular.

    Nirwana Biru Pantai Liman
    (Keindahan Pantai Liman dilihat dari bukit yang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mendakinya. Foto: Arthurio Oktavianus)

    Bukit tepi pantai

    Gugusan perbukitan menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Liman. Namun, ada satu bukit di tepi garis pantai yang bisa didaki. Dari bukit ini, Anda bisa menikmati panorama nan luas Samudera Hindia dan menikmati sunset yang perlahan menghilang di batas cakrawala.

    Pantai Liman memang sangat minim fasilitas. Beberapa pondok sederhana di kaki bukit, menjadi tempat penduduk setempat menggelar dagangannya. Toilet berbayar juga tersedia, tak seberapa jauh dari pondok.

    Meski begitu, tak akan mengurangi adrenalin bertualang untuk menikmati pesona alam yang disuguhkan Pantai Liman. Apalagi saat menghabiskan malam dengan mendirikan tenda di hamparan pasir pantai yang putih.

    Coba bayangkan. Sinar rembulan yang memantul di permukaan teduhnya air pantai, sahut menyahut suara jangkrik yang beradu dengan hempasan ombak bergulung, taburan bintang di langit dan nyala api unggun yang menghangatkan. 

    Bermalam di Pantai Liman harus masuk dalam agenda traveling saat di Pulau Semau. Jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota dan pastinya refreshing dari rutinitas beban pekerjaan yang menumpuk. Damai, tenang, sepi. Sempurna. Jangan lupa destinasi ini bisa menjadi tujuan Anda saat ini yang sudah ada kenormalan baru.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id