Ratusan Mahasiswa Tanam Pohon di Situs Ratu Boko

    Sunnaholomi Halakrispen - 12 November 2019 20:04 WIB
    Ratusan Mahasiswa Tanam Pohon di Situs Ratu Boko
    Selain ratusan mahasiswa, penyanyi Tanah Air, Kunto Aji, juga turut serta menanam pohon. (Foto: Krispen/Medcom.id)
    Yogyakarta: Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta menanam ribuan pohon di area Situs Ratu Boko. Ada tanaman perdu serta semak berbunga, seperti bugenvil, tanjung, merak, soka, dan kepel.

    Tujuannya, dapat menumbuhkan rasa memiliki, bangga, dan turut berperan dalam menghijaukan situs-situs warisan sejarah Bangsa Indonesia. Gerakan ini merupakan bagian dari Program Siap Darling atau Siap Sadar Lingkungan.

    "Prakarsa Siap Darling melalui Progran Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial khususnya mahasiswa, agar lebih peduli terhadap lingkungan," ujar Vice President Director Djarum Foundation, FX. Supanji, di area Situs Ratu Boko, Yogyakarta.

    Mereka juga diharapkan bisa menularkan kebiasaan baik mencintai lingkungan tersebut kepada masyarakat luas. Panji, sapaannya, menyatakan harapan jangka panjang pihaknya ialah gerakan ini bisa menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan.

    "Diharapkan menciptakan kawasan situs sejarah yang teduh, asri, dan semakin cantik. Sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di masa mendatang," paparnya.

    Semakin banyaknya generasi muda yang peduli akan lingkungan dan bergerak melakukan tindakan positif, maka kecintaan terhadap warisan sejarah pun bisa tercapai. Itu harapan besar Panji.

    Mahasiswa yang menanam pohon dalam gerakan ini jumlahnya sekitar 250 orang. Mereka berasal dari Universitas Sanata Dharma, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan universitas lainnya di Yogyakarta.

    Selain ratusan mahasiswa, penyanyi Tanah Air, Kunto Aji, juga turut serta menanam pohon. Baginya, ini kegiatan menanam pohon pertama yang dilakukannya.

    "Ini dalam kegiatan menanam pohon bersama dengan Djarum Foundation bentuk CSR-nya. Iya (gebrakan baru) pasti langkah yang baik, namanya menanam pohon saya yakin hasilnya jauh lebih banyak positifnya dari pada mudaratnya. Jadi saya yakin akan baik," kata Kunto.

    Lantaran melihat tujuan positif dari program besutan Bakti Lingkungan Djarum Foundation ini diterima Kunto tanpa pikir panjang. Ia sangat setuju dan langsung mengiyakan untuk turut andil.

    "Menurut saya akan sangat bagus sekali tempat wisata lain seperti ini, karena cuaca lagi panas banget di mana-mana. Jadi mungkin penanaman pohon akan sangat membantu," pungkasnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id