Cara Tepat Menyimpan Es Krim

    Raka Lestari - 05 Januari 2020 11:52 WIB
    Cara Tepat Menyimpan Es Krim
    Makanan berbahan dasar susu cenderung menyerap bau dengan mudah, sehingga usahakan jangan disimpan bersebelahan dengan makanan berbau tajam. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Es krim merupakan salah satu camilan yang banyak disukai. Namun sayangnya, es krim juga sangat mudah mencair jika tidak ditangani atau disimpan secara tepat. Untugnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar es krim favorit Anda tidak mudah mencair dengan cepat. 

    Dan berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat meyimpan es krim seperti dilansir dari Insider: 

    1. Tidak memeriksa wadah es krim saat akan membeli

    Saran Ben Van Leeuwen, CEO dan salah satu pendiri Van Leeuwen Ice Cream, pada saat membeli es krim di supermarket atau toko es krim, penting sekali untuk memeriksa wadah atau kotak es krim sebelum membelinya. 

    “Banyak orang yang menutup dan membuka freezer khusus menjual es krim. Fluktuasi suhu ini dapat mencairkan es krim secara perlahan. Karenanya, hindari beli es krim ketika es krim terasa lembek atau wadahnya tidak tertutupi es.”

    Cara Tepat Menyimpan Es Krim
    (Makanan berbahan dasar susu cenderung menyerap bau dengan mudah, sehingga usahakan jangan disimpan bersebelahan dengan makanan berbau tajam. Foto: Pexels.com)

    2. Tidak menutup wadah es krim dengan rapat

    Menurut Dairy Foods Association sangat penting untuk menutup kembali wadah es krim dengan rapat sebelum memasukkannya kembali ke kulkas atau freezer. Hal ini akan mencegah terbentuknya kristal es pada es krim Anda.

    3. Membasahi sendok es krim dengan air hangat  

    Membasahi sendok es krim dengan air hangat memang memudahkan Anda untuk mengambil es krim, tetapi ini bukan cara yang tepat. “Air dari sendok yang basah dapat menyebabkan terbentuknya lapisan es di atas es krim itu sendiri dan dapat menmbentuk kristal es,” kata Jeni Britton Bauer, pendiri Jeni Splendid Ice Creams.

    4. Menyimpannya di pintu freezer

    "Jangan pernah menaruh es krim di pintu freezer karena itu adalah bagian terpanas dari freezer Anda. Di situlah suhu es krim Anda paling berfluktuasi," kata Britton Bauer. 

    “Jika Anda melakukannya, maka akan menyebabkan terjadinya freezer burn.” Sebagai gantinya, simpan di salah satu sudut di belakang, karena ini adalah bagian paling dingin dari freezer, tambahnya.

    5. Menyimpan es krim bersebelahan dengan makanan berbau tajam

    Hal lain yang sebaiknya Anda hindari adalah menyimpan es krim bersebelahan dengan makanan yang berbau tajam, ujar Aaron Beth Butterworth dari Dreyer's Ice Cream. 

    “Makanan berbahan dasar susu cenderung menyerap bau dengan mudah, sehingga usahakan jangan disimpan bersebelahan dengan makanan berbau tajam.”





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id