Dashi, Kaldu Penguat Rasa Makanan khas Jepang

    Kumara Anggita - 07 Februari 2020 15:19 WIB
    Dashi, Kaldu Penguat Rasa Makanan khas Jepang
    Ini adalah bahan untuk membuat Dashi (Rumput Laut dan Ikan Cakalang). Foto: Kumara/Medcom.id)
    Jakarta: Jepang memiliki keunikan tersendiri jika berbicara soal kuliner. Salah satunya dengan kaldu yang digunakan untuk menguatkan rasa.

    Tak seperti di Indonesia, kaldu di Negeri Sakura ini bukan berasal dari air rebusan daging. Melainkan dari Kombu (rumput laut) dan Katsubushi (Ikan Cakalang yang dicacah). Ya, kaldu ini dinamakan Dashi.

    Dashi merupakan kaldu yang digunakan hampir di semua makanan Jepang. Seperti di antaranya, Awase Dashi, Dashi Ankake dengan salmon dan lobak, serta Tori-Gobo Rice.

    Penggunaan Dashi pun diperkenalkan dalam rangka diplomatik Jepang untuk ASEAN. Dari sekian banyak masakan Jepang yang menggunakan Dashi, tiga menu terpilih di atas, disajikan oleh Chef Ambassador, Morita Atsushi.

    Atsushi menjelaskan bahwa pemilihan tiga menu ini dipilih berdasarkan preferensinya dan timnya. Menurutnya tiga menu ini enak dan patut dicoba oleh orang Indonesia.

    “Jadi hari ini temanya Dashi. Tidak ada alasan khusus. Kamu hanya bicara, kita bisa perkenalkan dashi. Pilihan pribadi saja. Disesuaikan dengan tema dashi,” ujar Atsushi saat ditemui di acara Pengenalan Kuliner dan Budaya Makan Jepang untuk Persahabatan dan Kerjasama ASEAN-Jepang, Jakarta.

    Dashi, Kaldu Penguat Rasa Makanan khas Jepang
    Morita Atsushi, Chef Ambassador. (Foto: Kumara/Medcom.id)

    Menurutnya, Dashi menjadi penting untuk dikenalkan karena kaldu ini hampir dipakai di seluruh makanan Jepang. Dashi digunakan sebagai penguat rasa.

    “Sebanyak 90 persen menu di Jepang menggunakan dashi. Kecuali sushi. Namun ada soyu yang dicampur juga dengan Dashi. Kalau di Indonesia ini serupa dengan kaldu ayam,” terang Atsushi.

    Sementara itu ketiga menu tersebut berasal dari daerah pesisir dan pegunungan karena melibatkan sayuran dan juga ikan yang segar. Setiap daerah memiliki makanan yang memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya untuk menu Tobi-Gobo Rice yang serupa dengan nasi goreng condong dengan menu pegunungan karena menggunakan sayuran yang segar.

    “Menu daerah pantai orang Jepang pakai ikan yang segar karena dekat. Daerah pegunungan juga suka ikan namun lebih ikan olahan seperti ikan asin. Kalau pegunungan banyak menggunakan sayur dan buah,” tambahnya.

    Meski menjadi penguat rasa favorit di masakan Jepang, Atsushi juga mengatakan kalau Dashi bisa diterapkan di menu makanan Indonesia. Ini dikarenakan cara masak orang jepang dan Indonesia ada kesamaan.

    “Kesamaan bahannya, sama-sama simple,” ujar Atsushi.

    Bila Anda tertarik, Anda pun bisa membuatnya di rumah karena membuat Dashi tidaklah susah. Anda hanya membutuhkan rumput laut kering, ikan cakalang serut, dan air digabung menjadi satu. Tinggal santap, Anda pun akan merasa nyaman dengan kegurihannya yang hangat.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id