• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 14 NOV 2018 - RP 51.052.810.215

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Kerja Sama Indonesia dalam GHSA Hadapi Penyakit Global

Raka Lestari - 06 November 2018 14:18 wib
Pertemuan Tingkat Menteri Global Health Security Agenda (GHSA)
Pertemuan Tingkat Menteri Global Health Security Agenda (GHSA) ke-5 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Jakarta: Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri Global Health Security Agenda (GHSA) ke-5 pada tanggal 6-8 November di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali.

Pertemuan ini merupakan pertemuan tahunan dan tertinggi dalam forum GHSA dengan tujuan meningkatkan komitmen negara dalam pencapaian ketahanan kesehatan global, regional, dan nasional.

Sekaligus sebagai upaya berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam upaya mencegah, mendeteksi, dan merespons cepat berbagai penyakit menular berpotensi bawah.

“Sejak dilaksanakan pertama pada tahun 2014, agenda kesehatan global telah memfasilitasi kesehatan dan tidak bisa dielakkan lagi GHSA adalah upaya global untuk mewujudkan masyarakat global yang bebas dari penyakit menular,” ujar Nila Moeloek, Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam press conferrence pembukaan GHSA kelima di Nusa Dua Bali, Selasa, 6 November 2018.


(Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri Global Health Security Agenda (GHSA) ke-5 pada tanggal 6-8 November di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

(Baca juga: Pembukaan Global Health Securtiy Agent, Indonesia Ikut Berperan Wujudkan Ketahanan dan Kesehatan Global)

Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan negara Indonesia dengan negara-negara anggota GHSA adalah permasalahan resistensi antibiotik.

“Kita kerjasamanya misalnya adalah resistensi antibiotika. Ternyata resistensi antibiotika tidak hanya terjadi pada manusia tapi juga terjadi pada binatang. Ini yang menyebabkan akhirnya kita sadar bahwa kesehatan tidak bisa berdiri sendiri," ujar Menkes Nila Moeloek.

"Selain itu juga ada permasalahan pemakaian peptisida atau radio nuklir yang juga pada akhirnya berdampak pada kesehatan,” tutur Menkes lagi.

GHSA sendiri masih akan terus dilakukan dan saat ini sudah mencapai fase kedua yang akan berlangsung mulai dari 2019-2024 untuk meningkatkan kapasitas negara, kapsitas kerjasama di kawasan, dan kapasitas kerjasama di tingkat global demi kesiapan dalam menghadapi ancaman keamanan kesehatan global.




(TIN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.