Tips Meningkatkan Sistem Imun Bayi agar Tak Terpapar Covid-19

    Raka Lestari - 21 Maret 2020 14:04 WIB
    Tips Meningkatkan Sistem Imun Bayi agar Tak Terpapar Covid-19
    Pandemi covid-19 yang mewabah sejak akhir tahun lalu menjadi salah satu keresahan bagi para orang tua, terutama bagi orang tua yang memiliki bayi. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Pandemi covid-19 yang mewabah sejak akhir tahun lalu menjadi salah satu keresahan bagi para orang tua, terutama bagi orang tua yang memiliki bayi. Seperti diketahui, bayi sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

    Bahkan beberapa jenis penyakit yang bagi orang dewasa merupakan penyakit ringan. Lalu bagaimana cara meningkatkan sistem imunitas bayi untuk mencegah covod-19?

    Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menjaga sistem imunitas bayi, seperti dilansir Romper:

    Pastikan mereka beristirahat yang cukup

    “Pentingnya mendapatkan istirahat yang baik adalah kunci agar sistem kekebalan tubuh berfungsi optimal. Pastikan anak-anak dan bayi tidur tidak terlalu malam dan lakukan hal tersebut setiap hari,” ujar Dr Danelle Fisher, ketua pediatri di Providence Saint John’s Health Center, California. Meskipun memang, terkadang sulit membuat bayi tidur tepat waktu tetapi lakukanlah yang terbaik agar mereka beristirahat sebanyak mungkin.

    Berikan mereka vitamin C

    Menurut Fisher, vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan bayi yang sudah agak besar melalui makanan atau suplemen.

    Sedangkan asupan vitamin C pada bayi, selama bayi Anda minum susu formula atau menyusui kemungkinan mereka sudah mendapatkan jumlah vitamin C yang disarankan. Menurut Dr Andrew Weil, direktur Arizona Center for Integrative Medicine di Universitas Arizona bayi tidak perlu mendapatkan vitamin C dari suplemen kecuali sang ibu kekurangan vitamin C.

    Pertimbangkan untuk memberi Zinc

    Zinc atau seng membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat, menurut WebMD. Fisher juga mengatakan mengonsumsi suplemen seng dapat membantu meningkatkan kekebalan anak yang sudah berusia lebih besar. Sedangkan untuk bayi, anak-anak berusia 7 bulan hingga 3 tahun dapat dengan aman mengonsumsi 3 miligram seng sehari, menurut WebMD.

    Jaga agar tetap terhidrasi 

    Untuk bayi, minum ASI baik ASI atau susu formula adalah cara penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan, menurut Fisher. Sedangkan untuk anak yang lebih besar, minum air yang cukup membuat Anda tetap sehat karena membantu pencernaan, penyerapan, sirkulasi, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh, menurut WebMD. Air juga membantu mengatur fungsi ginjal Anda, yaitu untuk membersihkan racun tubuh Anda.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id