Jus Nanas Bisa Bantu Penyembuhan Kanker?

    Sunnaholomi Halakrispen - 12 Mei 2020 13:14 WIB
    Jus Nanas Bisa Bantu Penyembuhan Kanker?
    Jus nanas mungkin memiliki efek melawan kanker yang potensial. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Jus nanas merupakan minuman dari pencampuran buah nanas dan air mineral yang dihancurkan bersama-sama. Minuman ini diyakini dapat membantu melawan jenis kanker tertentu. Apakah hal tersebur benar?

    Dilansir dari healthline, jus nanas mungkin memiliki efek melawan kanker yang potensial. Sekali lagi, minuman ini dinyatakan kemungkinan besar, karena adanya kandungan bromelain dalam buah nanas.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mencegah pembentukan tumor, mengurangi ukurannya, atau bahkan menyebabkan kematian sel-sel kanker. Namun, ini adalah studi tabung yang menggunakan jumlah bromelain pekat yang jauh lebih tinggi daripada yang Anda minum dari segelas jus nanas.

    Hal tersebut membuatnya sulit untuk memproyeksikan hasilnya kepada manusia. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum kesimpulan yang kuat terhadap manfaat jus nanas sebagai alternatif penyembuhan penyakit kanker tertentu. 

    Terlebih lagi, minum jus dalam jumlah sedikit telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, minum lebih dari 5 ons (150 mL) per hari mungkin memiliki efek sebaliknya.

    Terlepas dari potensi manfaatnya, jus nanas rendah serat namun kaya gula, dan minum terlalu banyak jus nanas dapat meningkatkan berat badan atau penyakit tertentu. Oleh karena itu, minum jus nanas dalam jumlah besar setiap hari tidak dianjurkan.

    Ketika Anda melakukannya, pertahankan 100 persen varietas murni yang bebas dari gula tambahan. Selain itu, minuman ini juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan dan memicu mulas atau refluks pada beberapa orang. 

    Jus nanas sendiri mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat yang dapat melindungi Anda dari penyakit. Studi mengaitkan minuman ini dengan peningkatan pencernaan, kesehatan jantung, dan imunitas. 

    Jus nanas atau senyawanya juga dapat membantu mengurangi peradangan dan bahkan mungkin menawarkan perlindungan terhadap jenis kanker tertentu. Namun, penelitian pada manusia terbatas, dan tidak jelas apakah efek yang diamati dalam tabung reaksi atau hewan dapat dicapai dengan asupan jus nanas harian dengan jumlah kecil.

    Oleh karena itu, jika Anda minum obat, konsultasikan dengan dokter Anda atau ahli diet terdaftar untuk memastikan bahwa Anda aman untuk mengonsumsi jus nanas. 



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id