5 Cara Mencegah Penyakit Mata Katarak

    Raka Lestari - 22 September 2020 14:02 WIB
    5 Cara Mencegah Penyakit Mata Katarak
    Meskipun pada umumnya dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut, katarak bisa dicegah melalui perubahan gaya hidup. (Ilustrasi/Pexels)



    Jakarta: Katarak adalah daerah yang keruh atau buram pada lensa kristal mata yang berkembang seiring waktu. Meskipun cukup umum terjadi, banyak kasus katarak yang tidak ditangani sampai semakin parah. Meskipun pada umumnya dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut, katarak bisa dicegah melalui perubahan gaya hidup. 

    Dilansir dari WebMD, berikut ini adalah beberapa cara mencegah terjadinya katarak: 

    Asupan makanan yang tepat

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan E dapat mencegah terjadinya katarak. Atau jika sudah mengalami katarak, mengonsumsi makanan tersebut dapat memperlambat perburukan pada katarak. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi lutein dan zeaxanthin. Keduanya dapat melindungi mata dari katarak. Telur dan sayuran berdaun hijau memiliki keduanya.

    Berhenti merokok

    Merokok tidak hanya   buruk untuk kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga buruk bagi kesehatan mata. Merokok dapat meningkatkan faktor risiko terjadinya katarak. Kebiasaan merokok dapat menciptakan radikal bebas di mata Anda. Kandungan zat kimia yang ada di dalam rokok dapat membahayakan sel pada tubuh, termasuk mata.

    Menggunakan pelindung 

    Gunakan pelindung mata seperti kacamata dapat membantu mengurangi risiko terkena katarak. Sinar matahari terbukti dapat menyebabkan perubahan pada mata. Para peneliti juga menemukan bahwa sinar UV dapat membahayakan protein pada lensa mata. Ada banyak pilihan kacamata atau sunglasses yang sesuai dengan keinginan Anda.

    Batasi konsumsi alkohol

    Meskipun tidak harus mengentikan sama sekali konsumsi alkohol, tetapi beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan risiko untuk terkena katarak. Para peneliti juga menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi alkohol Anda dapat menurunkan risiko terkena katarak. Konsumsi alkohol yang diperbolehkan yaitu sekitar 2 gelas atau 20 gram alkohol setiap harinya.

    Menjaga kandungan gula darah

    Jika Anda memiliki diabetes, penting sekali untuk menjaga kadar gula darah. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa menjaga gula darah juga dapat mencegah katarak? Hal itu karena orang-orang yang memiliki diabetes lebih mungkin untuk mengembangkan gangguan pada mata dibandingkan mereka yang tidak. Lensa mata akan membengkak jika gula darah terlalu tinggi dalam waktu yang lama.

     





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id