4 Cara Mengatasi Pusing ala Pengobatan Rumahan

    Raka Lestari - 17 Februari 2020 16:28 WIB
    4 Cara Mengatasi Pusing ala Pengobatan Rumahan
    Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan pusing ala rumahan. (Foto: Emiliano Vittoriosi/Unsplash.com)
    Jakarta: Pusing merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Kepala yang pusing juga terkadang merupakan tanda yang cukup sering muncul jika Anda akan mengalami pingsan.

    Untuk mengetahui penyebabnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Akan tetapi, Anda bisa mencoba pengobatan rumahan sebagai pertolongan pertama dalam mengatasi kepala yang pusing.

    Dan berikut ini adalah beberapa cara pengobatan ala rumahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kepala yang pusing seperti dilansir dari Thehealthy:

    1. Minum air putih sebelum makan

    Makan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, yang dapat membuat Anda merasa pusing. Tetapi Anda dapat mengatasi kondisi ini, yang disebut hipotensi postprandial, dengan minum segelas air 15 menit sebelum makan. Itu adalah temuan sebuah studi kecil yang diterbitkan pada tahun 2015 di jurnal Clinical Nutrition, yang meneliti 12 orang dewasa dengan usia rata-rata 67 tahun.

    2. Menghindari mandi dengan air panas atau hangat

    Mandi air panas atau hangat terkadang menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh merasa nyaman ketika tubuh sedang tidak fit.

    “Akan tetapi mandi air panas dapat melebarkan pembuluh darah Anda, yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah,” kata Tania Elliott, MD, seorang instruktur klinis dalam bidang kedokteran di NYU Langone di New York. Dan tekanan darah yang rendah bisa membuat Anda merasa sedikit pusing.

    3. Mengonsumsi gandum utuh

    Makanan berat yang dicerna oleh tubuh Anda dengan cepat, seperti nasi putih, kentang, dan makanan yang sarat dengan tepung dan gula halus, dapat menyebabkan gula darah Anda turun dan membuat Anda merasa pusing, menurut Harvard Heart Letter.

    Untuk menghindari pusing yang disebabkan oleh penurunan kadar gula darah, konsumsilah makanan yang lambat dicerna seperti serat dan kacang-kacangan.

    4. Mendapatkan pijatan

    Mendapatkan pijatan atau akupuntur bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk mengatasi pusing yang Anda alami. Menurut Mayo Clinic, perasaan cemas dapat memicu perasaan pusing, sehingga aktivitas relaksasi yang meningkatkan rasa tenang seperti mendapatkan pijatan dapat membantu. Pijatan yang menenangkan dengan minyak esensial lavender dapat membantu Anda jika Anda cenderung merasa cemas.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id