Berapa Kali Masker Kain Seharusnya Dicuci?

    Kumara Anggita - 12 April 2020 18:53 WIB
    Berapa Kali Masker Kain Seharusnya Dicuci?
    Berapa kali masker sebaiknya dicuci dalam sehari? Berikut selengkapnya. (Foto: Dok. Medcom.id/Sandra Odilifia)
    Jakarta: Sekarang Anda tidak bisa lagi keluar tanpa menggunakan masker. Hal ini dilakukan agar covid-19 tidak semakin menyebar. Mengingat masker sekali pakai sudah sulit sekali untuk didapatkan, Anda dianjurkan untuk menggunakan masker berbahan kain yang bisa dicuci. 

    Namun, seberapa sering kah Anda harus mencuci masker ini? Dilansir dari Huffpost sebuah laporan baru yang diterbitkan di The Lancet mengatakan virus menular masih bisa bertahan di lapisan luar masker hingga tujuh hari. Oleh karena itu, Anda harus mencuci masker kain Anda dengan tepat. 

    Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan untuk mencuci masker Anda setidaknya sekali sehari. 

    "Itu (masker kain) harus dicuci ketika kamu selesai menggunakannya,” kata Rodney Rohde, Dekan Asosiasi untuk penelitian di College of Health Professions di Texas State University.

    Robert Amler, dekan Fakultas Ilmu dan Praktik Kesehatan di New York Medical College dan mantan kepala petugas medis CDC juga menyarankan untuk mencuci masker kain Anda setelah setiap kali digunakan. 

    "Hindari menyentuh wajah Anda dan cuci tangan sebelum dan sesudah," katanya. Emily de Golian, seorang dokter kulit bersertifikat di Dermatology Consultants di Georgia, mengatakan kepada huffpost bahwa, idealnya, masker tidak boleh dipakai selama lebih dari 30 menit karena kelembapan dari napas kita membuatnya kurang efektif sebagai penghalang terhadap penularan virus korona.

    Dimitar Marinov, asisten profesor di Medical University of Varna menyebutkan bahwa jika Anda seorang pekerja di garis depan atau menghabiskan waktu di depan umum di mana menerapkan pembatasan sosial sulit untuk dipertahankan, pertimbangkan untuk mencuci masker kain Anda setiap dua jam, jika memungkinkan. 

    Jadi, jangan malas-malas untuk segera mencucinya dan menggantinya dengan yang baru. Ini semua demi diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id