Ragam Asupan Penambah dan Penyedot Energi

    Anda Nurlaila - 07 Januari 2020 13:13 WIB
    Ragam Asupan Penambah dan Penyedot Energi
    Pilihlah asupan yang membangkitkan energi Anda dalam waktu yang lama (Foto: Pexels)
    Jakarta: Makanan adalah bahan bakar yang memberi Anda energi untuk melakukan aneka kegiatan. Alih-alih bertahan lama, sebagian makanan justru hanya memberi semburan tenaga yang mudah hilang.  

    Dikutip dari WebMD, ada berbagai makanan yang membuat Anda bertahan lebih lamadan yang cepat hilang.

    Karbohidrat Sederhana

    Pasta, roti putih, biskuit, permen, kue, dan permen dan makanan yang dibuat dari tepung putih dan gula tidak memiliki banyak serat untuk tubuh. Makanan yang mengandung gula masuk ke aliran darah Anda dengan sangat cepat.

    Ragam Asupan Penambah dan Penyedot Energi

    Anda mungkin mendapatkan ledakan energi yang cepat. Tetapi ketika gula darah Anda turun kembali, Anda mungkin akan merasa lemas.

    Gandum Utuh

    Beras merah, barley, farro, oatmeal dan gandum utuh mengandung lebih banyak serat. Inilah yang membuat energi Anda menjadi lebih kuat dan lebih tahan lama. Plus, makanan ini dikemas dengan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh Anda.

    Minuman manis

    Termasuk minuman olahraga dan energi, soda biasa, dan beberapa jus buah botol dan kaleng. Anda mungkin mendapatkan sedikit tambahan tenaga beberapa saat setelah mengonsumsinya.

    Ragam Asupan Penambah dan Penyedot Energi

    Tetapi tidak lama, seperti halnya makanan manis. Beberapa minuman ini mengandung kafein. Jika terlalu banyak, bisa menyebabkan kesulitan tidur atau tidak tidur nyenyak pada malam hari yang menyebabkan rasa lelah.

    Minuman keras

    Alkohol bisa membuat mengantuk jika diminum pada malam hari. Namun Anda akan terbangun setelah beberapa jam. Saat siklus tidur terganggu, Anda dapat merasa lelah pada hari berikutnya. Alkohol juga merilekskan otot-otot di tenggorokan Anda, yang dapat memperburuk apnea tidur.

    Air

    Secara teknis air tidak memiliki energi karena tanpa kalori. Tetapi jika Anda tidak minum cukup banyak air, Anda akan lebih cepat capai.

    Jadikan air sebagai minuman saat makan dan sepanjang hari. Tambahkan lemon, jeruk nipis, atau buah lain jika itu membantu Anda ingin minum cukup banyak.

    Susu: Baik untuk kebanyakan orang

    Susu dan makanan olahan dari susu tidak akan menghancurkan tingkat energi. Jika Anda intoleran terhadap laktosa, pilih susu bebas laktosa atau opsi non-susu seperti almond, kedelai, beras, oat, atau santan kelapa.

    Pastikan Anda memilih susu yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D. Tubuh Anda membutuhkan vitamin itu karena berbagai alasan.

    Gluten

    Bagi penderita penyakit celiac, tubuh tidak dapat mencerna protein dalam gandum, gandum hitam, gandum, dan beberapa jenis gandum lain. Hal ini dapat menimbulkan gangguan pencernaan dan membuat Anda cepat lemas. Tapi jika merasa baik-baik saja setelah mengasup gluten, tidak perlu menghindarinya.

    Mereka dengan penyakit celiac atau sensitivitas terhadap gluten disarankan makan makanan dan biji-bijian bebas gluten seperti quinoa, nasi, dan tepung kacang.

    Tendangan Kafein

    Seentakan energi pada pagi hari usai minum secangkir kopi atau teh umum dirasakan. Itu karena kafein dalam minuman kopi dan teh membuat Anda lebih waspada.

    Tapi minum lebih dari beberapa gelas atau menjelang tidur dapat menyebabkan gangguan tidur. Dan, penyebab rasa lesu keesokan harinya. Jika sulit tidur di malam hari, beralihlah ke opsi kopi bebas kafein dan minum setidaknya enam jam sebelum tidur.

    Gorengan

    Mengantuk di siang hari atau usai makan siang mungkin akan terasa setelah Anda makan makanan tinggi lemak. Makanan ini termasuk yang dimasak dengan cara di goreng. Tidak hanya menghabiskan energi, konsumsi makanan secara berlebihan berakibat buruk untuk jantung.

    Ragam Asupan Penambah dan Penyedot Energi

    Batasi makan gorengan tidak lebih dari beberapa kali dalam sebulan. Agar jauh dari risiko kecapekan akibat makan gorengan. cari opsi masak lain seperti dipanggang atau dikukus sebagai gantinya.
     



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id