Khasiat Buah Delima Bagi Penderita ISK

    Dhaifurrakhman Abas - 16 Juli 2019 11:46 WIB
    Khasiat Buah Delima Bagi Penderita ISK
    Ilustrasi--(Foto: Shutterstock)
    Penderita masalah Infeksi Saluran Kemih (ISK) harus segera mendapat pengobatan. Jika tidak, akan muncul penyakit komplikasi lain pada sistem kemih termasuk kandung kemih, ureter, dan ginjal.


    Jakarta: Mereka yang menderita masalah Infeksi Saluran Kemih (ISK) tentu tahu betapa menyakitkannya hal itu. ISK membuat Anda merasa tidak enak badan serta sensasi terbakar saat buang air kecil.

    Belum lagi komplikasi lain yang timbul jika tak segera diobati. Infeksi dapat berdampak pada sistem kemih termasuk kandung kemih, ureter, dan ginjal Anda. Hal ini menyebabkan Anda mengalami sensasi terbakar ketika buang air kecil, bau busuk, urin keruh. Hal ini merupakan gejala umum ketika Anda terserang ISK.

    Dilansir dari Times of India, antibiotik biasanya menjadi pilihan pertama untuk obat infeksi saluran kemih. Namun, jenis antibiotik beserta dosis dan durasi pakainya akan ditentukan dokter berdasarkan tingkat keparahan infeksi yang Anda alami. Biasanya Anda bakal diberikan dosis antibiotik yang harus dihabiskan selama tiga hari sampai satu pekan.

    Saat masa penyembuhan, Anda akan disarankan minum banyak cairan. Asupan cairan membantu melarutkan urin dan mengurangi sensasi terbakar ketika Anda buang air kecil. Asupan cairan juga mampu menghilangkan bakteri yang menginvansi sistem kemih termasuk ginjal Anda.

    Bukan hanya itu, minum jus buah delima setiap hari juga dapat membantu Anda menyingkirkan penyakit yang bikin tidak nyaman ini. Delima ampuh redakan penyakit ISK lantaran mengandung setiap jenis antioksidan dan vitamin C.

    Antioksidan mencegah bakteri dari menempel ke dinding kandung kemih. Sementara itu, vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia agar bisa bekerja maksimal dalam melawan infeksi.

    Sebuah studi dari Universitas California Los Angeles (UCLA) mengungkapkan manfaat lain dari buah delima. Studi mengatakan bahwa jus delima juga dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker.

    Delima juga berfungsi menurunkan risiko seseorang terserang penyakit kardiovaskular. Anda disarankan mengonsumsi seperempat cangkir jus delima setiap hari agar kesehatan kardiovaskular meningkatr serta kadar kolesterol turun.

    Selain itu, studi dari UCLA mengatakan delima mencegah seseorang terserang penyakit yang disebabkan oleh inflamasi. Sebab, satu buah delima menyediakan sekitar 40 persen vitamin C harian yang kita perlukan.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id