• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 14 NOV 2018 - RP 51.052.810.215

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Ini Alasan Mengapa Tubuh Merinding Saat Menonton Konser

Sri Yanti Nainggolan - 14 September 2018 19:06 wib
Apakah Anda pernah merinding saat sedang berada di konser musik?
Apakah Anda pernah merinding saat sedang berada di konser musik? Jika demikian, berarti Anda sedang dalam keadaan positif. (Foto: Yvette de Wit/Unsplash.com)

Jakarta: Apakah Anda pernah merinding saat sedang berada di konser musik? Jika demikian, berarti Anda sedang dalam keadaan positif. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengalami merinding lebih mungkin untuk membina hubungan yang lebih kuat dengan orang lain, mencapai prestasi akademis tingkat yang lebih tinggi sepanjang hidup mereka dan untuk berada dalam kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Studi Barclaycard, yang dipimpin oleh peneliti Harvard University Matthew Sachs dan profesor Universitas Oxford Robin Murphy, menyimpulkan hal tersebut dari 100 orang yang menonton pertunjukan musik langsung sambil mengenakan perangkat pemantauan.

Para peneliti menganalisis tanggapan fisiologis para partisipan terhadap musik dan melakukan serangkaian tes psikometri untuk melihat bagaimana 'momen merinding' mendefinisikan sifat seseorang. 

Studi tersebut menyimpulkan bahwa 55 persen orang Inggris kemungkinan akan merinding ketika menonton pertunjukan langsung, yang kemungkinan besar terjadi dalam menit pertama.

Perempuan lebih cenderung menunjukkan respons emosional terhadap musik hidup, dengan 55 persen dari peserta perempuan mengalami merinding dibandingkan dengan 46 persen laki-laki.


(Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengalami merinding lebih mungkin untuk membina hubungan yang lebih kuat dengan orang lain, mencapai prestasi akademis tingkat yang lebih tinggi sepanjang hidup mereka dan untuk berada dalam kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Foto: Ron Smith/Unsplash.com)

(Baca juga: Mengapa Nonton Konser Musik Bisa Membuat Orang Bahagia?)

Menurut temuan para peneliti, mereka yang merinding setidaknya sekali selama festival lebih cenderung menggambarkan diri mereka sebagai empati dan menyenangkan dalam hubungan.

Selanjutnya, orang-orang yang menyadari benjolan berduri yang muncul di kulit mereka juga lebih mungkin untuk menyatakan bahwa mereka berada dalam suasana hati yang positif. Selain itu, kesejahteraan fisik mereka secara keseluruhan adalah dalam kondisi prima.

Sebanyak 66 persen dari mereka yang merinding selama pertunjukan musik live mengatakan bahwa mereka berada dalam suasana hati yang lebih positif, dibandingkan dengan 46 persen dari orang-orang yang tak merasakan hal serupa. 

Robin Murphy, peneliti di Oxford University, menjelaskan bagaimana penelitian ini memberi kesempatan bagi tim peneliti untuk mengeksplorasi fenomena merinding secara terperinci.

"Hasil studi Barclaycard adalah yang pertama untuk menunjukkan ciri-ciri kepribadian yang berbeda yang mencirikan orang-orang yang mengalami merinding," katanya.

Ia menambahkan, studi tersebut juga menunjukkan bahwa benar-benar terhubung dengan hiburan secara langsung hingga merinding berdampak pada perasaan secara keseluruhan tentang perasaan dan suasana hati.





(TIN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.