Lima Tips Mendapatkan Kulit Cerah tanpa Menggunakan Produk Mahal

    Raka Lestari - 17 Juni 2020 13:22 WIB
    Lima Tips Mendapatkan Kulit Cerah tanpa Menggunakan Produk Mahal
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, Anda tidak melulu harus menggunakan skincare mahal atau mengunjungi dokter kulit. Sebagai gantinya, ada beberapa kebiasaan yang bisa diubah untuk bisa mendapatkan kulit yang cerah dan sehat.

    Dilansir dari Insider, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kulit Anda agar tetap cerah dan bebas jerawat:

    1. Cuci wajah Anda

    Ini merupakan bagian penting dalam menjaga kecerahan kulit Anda. Usahakan untuk selalu mencuci wajah pada pagi dan malam hari. Terutama jika Anda memiliki kulit yang berminyak.

    Gunakan pembersih wajah untuk menghilangkan kotoran, minyak dan partikel lain yang menumpuk selama seharian. Dengan cara ini, Anda bisa terbebas dari penyumbatan por-pori yang pada akhirnya bisa menimbulkan jerawat.

    2. Menggunakan toner

    Setelah membersihkan wajah, penting juga untuk menggunakan toner. Toner berguna untuk membersihkan sisa-sisa residu yang masih tertinggal pada kulit setelah wajah dibersihkan.

    Toner juga meningkatkan kelembapan dan menenangkan kulit. Pilih toner yang mengandung chamomile atau gliserin untuk menenangkan kulit dan melembapkan.

    3. Pelihara kulit dengan vitamin

    Selain bagus untuk kesehatan, buah dan sayuran juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Beberapa jenis vitamin yang untuk kulit diantaranya:

    Vitamin A: Membantu regenerasi kulit, itu berarti dapat membantu membuang sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit yang baru dan sehat.

    Vitamin B: Mendapatkan vitamin B7, B12 yang cukup dapat mencegah anemia dan eczema yang dapat memengaruhi kulit Anda. Vitamin B3 atau niacin juga dapat menjaga kelembapan kulit.

    Vitamin C dan E: Membantu dalam pembentukan kolagen, protein yang dapat membuat kulit tetap elastis dan mengurangi garis kerut akibat kerusakan dari sinar matahari.

    4. Gunakan pelembap

    Beberapa orang hanya menggunakan pelembap ketika kulit mereka terasa kering atau pecah-pecah. Padahal pelembap bisa digunakan pada semua jenis kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda mungkin merasa tidak perlu pelembap. Padahal itu merupakan kesalahan.

    "Tidak menggunakan pelembap dapat menjadi bumerang bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Tanpa pelembap yang tepat, kulit menghasilkan lebih banyak minyak untuk menebus kelembapan yang hilang," kata Debra Jaliman, MD.

    5. Gunakan sunscreen

    Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Sinar matahari dapat membakar sel kulit, menyebabkan penuaan dini, bintik hitam, dan keriput. Untuk melindungi kulit, selalu gunakan sunscreen yang mengandung SPF minimal 15.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id