Cara Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

    Raka Lestari - 24 Juni 2020 10:04 WIB
    Cara Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk
    Gigitan nyamuk terkadang sesuatu yang tidak bisa terhindarkan, terutama ketika sedang berada di luar rumah atau memasuki musim panas. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Gigitan nyamuk terkadang sesuatu yang tidak bisa terhindarkan, terutama ketika sedang berada di luar rumah atau memasuki musim panas. Ada banyak cara untuk mengatasi gigitan nyamuk, salah satunya dengan mengaplikasikan salep.

    Namun ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk seperti dikutip dari Insider

    Menggunakan kompres es batu

    Salah satu cara paling sederhana adalah dengan mengaplikasikan es batu pada kulit yang digigit nyamuk. Ketika nyamuk menggigit, mereka akan memasukkan air liur ke dalam aliran darah. Air liur nyamuk tersebut memicu sistem imun untuk mengeluarkan histamin yang menyebabkan respon inflamasi seperti kemerahan, bengkak, dan gatal.

    Lidah buaya

    Lidah buaya sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan selama ratusan tahun di Mesir. Daging lidah buaya yang tebal seperti jeli, dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti mengatasi sunburn atau gigitan nyamuk. Selain itu, daging lidah buaya juga memilki efek dingin pada kulit.

    Baking soda

    Campurkan baking soda dengan air, kemudian aplikasikan pada kulit yang digigit nyamuk. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan air sampai berbentuk seperti pasta. Baking soda dapat mengatasi reaksi asam antara tubuh Anda dengan air liur nyamuk. “Baking soda membantu menetralisir reaksi tubuh terhadap gigitan nyamuk dan mencegah iritasi menyebar,”kata Rich Agbortoko, PharmD, seorang ahli farmasi di Maine.

    Mandi oatmeal

    Sama seperti baking soda, oatmeal juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengurangi gatal. Untuk menyiapkannya, taburkan oatmeal ke dalam air hangat kemudian berendam selama 10 menit. Gunakan segenggam oatmeal pada air hangat yang Anda gunakan untuk mandi.

    Raw honey

    Madu memang terkenal dengan sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Berdasarkan sebuah tinjauan dari jurnal Wounds, tekstur lengket dari madu dapat membantu menyembuhkan luka dan menghilangkan segala iritasi.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id