Pengaturan Gizi Seimbang Balita Sesuai Umur

    Kumara Anggita - 25 September 2020 15:02 WIB
    Pengaturan Gizi Seimbang Balita Sesuai Umur
    Gizi seimbang adalah hal yang perlu dipenuhi orang tua pada anaknya agar mereka bisa tumbuh dengan optimal. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Gizi seimbang adalah hal yang perlu dipenuhi orang tua pada anaknya agar mereka bisa tumbuh dengan optimal. Kira-kira apakah ada aturan khusus yang perlu jadi bahan pertimbangan dalam memberikan asupan gizi pada anak?

    Dea Azza C.I.F, S.Gz, seorang ahli gizi menyatakan bahwa ada satu hal yang perlu diingat para orang tua yang baru punya anak. Itu adalah periode emas di mana orang tua harus memberikan nutrisi yang tepat.

    “Periode emas atau disebut juga 1000hpk (1000 hari pertama kehidupan), kalau saya sebut ini itu seperti akarnya atau sumber faktor utamanya dari pertumbuhan anak untuk kedepannya sampai dewasa,” ujarnya dalam Aplikasi Orami Parenting.

    “Di masa ini pertumbuhan otak dan komponen-komponen pendukungnya lagi di masa-masa yang pesat, yang bagus, dan jika ada penyimpangan pertumbuhan seperti ada tanda gejala anak gizi kurang atau pendek dan terlambat perkembagan kecerdasannya, kita bisa betulkan di masa-masa ini,” ujarnya. 

    Orang tua perlu mengetahui pengaturan gizi seimbang atau pola makanan anak balita. Menurutnya ini bisa digolongkan: 
    - umur 0-6bulan
    - umur 6-9 bulan
    - umur 9-12 bulan
    - umur 12-24 bulan

    “Pengaturan gizi sembang di sini tidak jauh berbeda, dimulai dengan ASI Eksklusif (ASI saja selama 6 bulan), kemudian MPASI, serta dukungan pola asuh dari orang tua atau keluarga,” jelasnya. 

    Jadi, pastikan Anda memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan seperti itu, di masa emasnya anak bisa tumbuh sehat dan bahagia. 



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id