Apakah Benar Gigi Susu Tumbuh di Usia 6-12 Bulan?

    Kumara Anggita - 13 September 2020 13:00 WIB
    Apakah Benar Gigi Susu Tumbuh di Usia 6-12 Bulan?
    Di usia berapa tepatnya gigi bayi muncul? Berikut penjelasan drg. Dita Firdiana. (Foto: Dok. Christian Hermann/Unsplash.com)
    Jakarta: Gigi susu adalah gigi pertama yang muncul di masa tumbuh kembang bayi. Kira-kira di waktu kapan gigi ini tumbuh ya?

    Dokter Gigi, Dita Firdiana mengatakan bahwa kebanyakan orang berpikir bahwa gigi susu anak mulai tumbuh di usia 6-12 bulan. Namun sebenarnya pembentukan dari gigi sendiri sudah terjadi sejak bayi di dalam kandungan.

    “Secara fisik iya, walaupun bervariasi juga. Ada yang umur 4 bulan sudah mulai muncul (erupsi). Ada yang 12 bulan baru muncul gigi pertama,” jelas drg. Dita dalam Rompi di Orami Parenting dengan tema "Mitos vs Fakta Seputar Gigi pada Anak."

    “Akan tetapi, sebenarnya gigi susu sudah di bentuk benihnya ketika di dalam kandungan mom di usia kandungan empat minggu,” lanjutnya.

    Oleh karena itu, drg. Dita menganjurkan para ibu hamil untuk memerhatikan kesehatan gigi anak sejak dalam kandungan. Hal ini bisa dilakukan dengan konsumsi kalsium.

    “Jadi, konsumsi kalsium ya mom ketika hamil. Ini memengaruhi kekuatan gigi susu bayi. Juga memengaruhi cepat atau lambatnya anak mom tumbuh gigi,” ungkapnya.

    Gigi susu adalah hal yang tak boleh diremehkan. Ini karena menurutnya gigi susu akan memiliki peran beragam untuk anak seperti untuk makan, berbicara, dan penampilan. Jadi jangan sampai kelewatan untuk menjaga kesehatan gigi anak ya!


    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id