6 Perbedaan Kehamilan Kembar

    Timi Trieska Dara - 15 September 2020 09:35 WIB
    6 Perbedaan Kehamilan Kembar
    Kehamilan kembar bisa menjadi kabar bahagia dua kali lipat dari sebuah keluarga. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Kehamilan kembar bisa menjadi kabar bahagia dua kali lipat dari sebuah keluarga. Meski usia kehamilan sama 9 bulan dengan hamil satu bayi, ada sejumlah perbedaan hamil kembar yang perlu diketahui, apa saja itu?

    Setiap ibu tahu bahwa 9 bulan menunggu itu penuh dengan kegembiraan, perubahan suasana hati, mungkin sedikit mengidam dan beberapa ketidaknyamanan fisik. Menurut Barak Rosenn, MD, direktur kedokteran kebidanan dan ibu-janin di Departemen Obstetri dan Ginekologi di Mount Sinai St. Luke's dan Mount Sinai West, kebanyakan ibu yang merasa mereka mengandung anak kembar mungkin dua kali lebih senang. 

    "Mereka biasanya sangat bersemangat, jadi saya ingin memastikan mereka juga mengetahui risikonya. Saat Anda siap, mereka lebih mudah ditangani," kata Dr. Barak Rosenn, MD," kata Dr. Barak Rosenn, MD, seperti dilansir Health.

    Jadi, bagaimana rasanya mengandung anak kembar dibandingkan dengan hanya satu bayi? Berikut adalah beberapa hal yang bisa diantisipasi ibu hamil kembar sambil membawa dua bundel kegembiraan.

    Kehamilan kembar membutuhkan tambahan 600 kalori per hari

    Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), biasanya Anda disarankan untuk mengonsumsi 300 kalori per hari, per anak, di atas asupan kalori biasa. Jadi itu berarti sekitar 600 kalori ekstra untuk anak kembar.

    Ini harus sama dengan penambahan berat badan 10 sampai 15 pon (4,5-7 kg) untuk ibu kembar dengan BMI normal, di atas standar 25 sampai 35 pon (11-16 kg) untuk ibu hamil satu anak (kurang lebih 16-20 kg)).

    Menurut Michael Cackovic, MD, seorang dokter pengobatan ibu-janin di The Ohio State University Wexner Medical Center, calon ibu dari dua anak harus fokus pada makan sehat dan merasa puas terlebih dahulu, karena 600 kalori per hari terasa lebih banyak daripada itu. Ia juga merekomendasikan tambahan 1 miligram asam folat untuk makanan pra-bayi. 

    "Saya baru saja meminta seorang ibu dari anak kembar bertanya apakah dia perlu menggandakan vitamin prenatal, dan jawabannya tidak. Hanya asam folat ekstra, jika tidak, ritual vitamin prenatal biasa harus dilakukan," kata Dr. Cakovic.
     

    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id