Risiko Kesehatan Jika Pakai Make Up Lama

    Timi Trieska Dara - 11 Februari 2020 12:23 WIB
    Risiko Kesehatan Jika Pakai <i>Make</i> <i>Up</i> Lama
    Risiko apa bagi kulit wajah Anda jika memakai make up yang sudah lama? Simak informasi di bawah ini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Bahayakah menggunakan produk make up yang lama? Apakah riasan wajah itu pernah kedaluwarsa? Para ahli menjelaskan mengapa sangat penting untuk mengganti barang-barang di tas make up Anda dan seberapa sering Anda perlu melakukannya.

    Kapan terakhir kali Anda mengganti maskara? Sama seperti makanan di lemari es, simpanan make up Anda akan memburuk pada akhirnya.

    Perlu secara teratur menilai kondisi kosmetik Anda dan mengganti barang-barang yang melewati masa jayanya. Kami meminta para ahli untuk menimbang mengapa ini sangat penting dan untuk berbagi kapan tepatnya melemparkan berbagai jenis make up.

    Apakah make up lama efektif?

    "Segala jenis riasan bubuk yang retak atau rapuh tidak akan cocok dengan kuas," kata pakar kecantikan, penata rias, dan penulis terlaris Jenny Patinkin. Produk cair atau krim - di antaranya foundation, lipgloss, blush on cream - mengering dan mulai menarik kulit Anda, tambahnya.

    Belum lagi bahwa terlepas dari teksturnya, warnanya bisa mulai berubah juga. Intinya: Rias wajah lama tidak akan efektif juga atau terlihat baik pada Anda.

    Risiko Kesehatan Jika Pakai <i>Make</i> <i>Up</i> Lama
    (Riasan lama dapat mengandung mikroba penyebab penyakit yang dapat menyebabkan infeksi, ruam, atau masalah kulit lainnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

    Apakah aman menggunakan make up lama?

    Melanie Rud dalam Bhg mengatakan menggunakan riasan yang sudah lama dan kotor bisa berbahaya.

    "Riasan lama dapat mengandung mikroba penyebab penyakit yang dapat menyebabkan infeksi, ruam, atau masalah kulit lainnya, jadi ini adalah masalah keamanan," kata ahli kimia kosmetik Perry Romanowski.

    "Bahkan jika riasan Anda diawetkan dengan benar, lama-kelamaan ia mengambil mikroba dari wajah dan lingkungan Anda."

    Namun, tidak semua riasan diciptakan sama - juga tidak akan rusak pada saat yang sama - jadi, penting untuk memikirkan produk secara berbeda.

    "Riasan mata adalah yang paling bermasalah karena Anda sedang berurusan dengan selaput lendir di mana ada lebih banyak pintu masuk bagi bakteri untuk masuk ke tubuh Anda," kata dokter kulit Chicago Jordan Carqueville, MD. Anda dapat mengalami semua jenis hal, termasuk konjungtivitis (alias mata merah muda) hingga bintil mata.

    Tetapi menggunakan alas bedak yang telah ada di tas make up Anda entah berapa lama berpotensi menjadi masalah juga.

    "Ada sedikit risiko membawa infeksi pada kulit karena minyak kulit bertindak sebagai lapisan pelindung," kata Rita Linkner, M.D., dari Spring Street Dermatology di New York City.

    Meski demikian, adalah mungkin untuk tertular infeksi serius seperti staph (bakteri staphylococcus aureus) dari make up lama yang kotor, kata Carqueville, terutama jika Anda memiliki jerawat, yang memudahkan bakteri untuk masuk.

    Jika Anda cenderung berjerawat, Anda pasti ingin menjaga make up Anda tetap segar dan bersih. "Minyak, kotoran, dan bakteri adalah resep untuk pori-pori yang tersumbat," katanya.

    Dan, terutama jika Anda menempelkan jari Anda pada suatu produk, itu bisa penuh dengan minyak dan kotoran. Semua itu berakhir di kulit Anda.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id