Cara Motivasi Diri saat Mental Sedang Tak Sehat

    Kumara Anggita - 13 November 2019 13:05 WIB
    Cara Motivasi Diri saat Mental Sedang Tak Sehat
    Cara motivasi diri untuk bekerja saat mental sedang tak sehat--Ilustrasi/Pexels
    Jakarta: Ketika stres atau mental dalam keadaan tak sehat, bergerak saja membutuhkan usaha, apalagi kalau disuruh bekerja. Namun bagaimanapun juga tanggungjawab harus tetap dikerjakan.

    Untungnya, ada beberapa hal yang bisa membantu membangun motivasi Anda. Berikut cara motivasi diri untuk bekerja saat mental sedang tak sehat yang dilansir dari Healthline.

    Rencanakan kegiatan dalam sehari

    Ketika semua hal tak terstruktur, Anda bisa jadi semakin pusing. Karena itu, manajemen waktu adalah kunci dalam situasi ini.

    “Luangkan satu jam, sehari, apa pun pekerjaan Anda, dan tuliskan rutinitas harian. Contohnya adalah berolahraga di pagi hari, merespons email selama 10 menit, melakukan panggilan tindak lanjut ke klien di pagi hari, berjalan-jalan di sekitar gedung Anda untuk mendapatkan perubahan pemandangan, dan lain-lain,” ujar Penasihat Kesehatan Mental, Nich Bryant.

    “Atur sesuai keinginan Anda, tetapi tetapkan jam-jam tertentu dalam sehari untuk tugas-tugas tertentu,” lanjutnya.

    Membuat rencana untuk hari Anda membuat tugas terasa jauh lebih mudah dikelola. Anda dapat merencanakannya menggunakan notes, aplikasi, atau apapun itu yang paling Anda sukai.

    Buat daftar dan ikutilah

    Tindakan sederhana menuliskan apa yang perlu Anda lakukan dapat memotivasi dan membuat Anda merasa lebih baik dan lebih produktif. Meletakan pikiran yang runyam itu dalam kertas akan membuat hari Anda terasa lebih ringan.

    "Membuat daftar yang mendorong produktivitas atau mengurangi gangguan dapat membantu Anda untuk fokus bahkan ketika pikiran Anda tidak menyukainya. Mulailah dengan tugas-tugas yang Anda sukai atau Anda pahami untuk membantu Anda tetap termotivasi dan memaksimalkan waktu yang Anda habiskan di tempat kerja,” kata Ahli Kesehatan Mental, Adina Mahalli.

    Cek diri Anda dan jujurlah

    Cek diri Anda apakah Anda merasa lelah, lapar, atau haus? Mungkin Anda stres tentang sesuatu di rumah atau lemas karena flu. Keadaan tidak nyaman ini dapat membuat tugas terasa lebih sulit untuk diselesaikan.

    “Selama masa itu, seseorang perlu mengidentifikasi apa yang menghalangi mereka. Hanya dengan begitu mereka dapat lanjut melakukan aktivitas,” kata Penasihat Kesehatan Mental, Lynn Berger.

    Jangan takut untuk benar-benar menganalisis perasaan Anda dan apa yang dapat dilakukan untuk membantu.

    Cari lagu yang bisa bikin Anda semangat

    Banyak orang memiliki daftar lagu tertentu yang mereka dengarkan setiap kali mereka harus mengerjakan suatu tugas atau menyelesaikan pekerjaan berat. Ini dapat membantu Anda mendapatkan pola pikir yang benar dan bahkan membantu Anda merasa lebih rileks saat merasa tidak enak, tidak termotivasi, atau sekadar cemas.

     Lihatlah apa yang Anda makan (dan minum)

    Kafein sering dijadikan alat untuk membuat Anda semangat sepanjang hari. Namun perlu juga diingat bahwa  terlalu banyak kafein mungkin bukan hal terbaik untuk membuat Anda fokus.

    “Pada akhirnya, terlalu banyak kafein akan membesar-besarkan perasaan mental yang dalam keadaan tidak sehat dan tidak fokus. Bahkan dapat membuat Anda gugup dan gelisah. Ini adalah hal terakhir yang Anda butuhkan ketika Anda berusaha menjadi lebih produktif,: kata penulis" Make Your Own Damn Cheese, John Chuback.

    Selain itu, Anda mungkin harus mencoba mengurangi makanan dan minuman yang banyak gulanya l seperti soda, permen, dan makanan manis lainnya. Ini tidak apa-apa dalam jumlah sedang, tetapi bila dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak, gula dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang akan membuat Anda merasa mudah tersinggung dan semakin merasa sedih.

    Itulah beberapa cara yang mungkin bisa sedikut membuat Anda terdorong untuk mengerjakan tanggungjawab Anda. Cobalah dari yang paling Anda suka.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id