Tanda-tanda Penyakit Murmur Jantung

    Raka Lestari - 25 Januari 2020 11:07 WIB
    Tanda-tanda Penyakit Murmur Jantung
    Beberapa murmur jantung tidak berbahaya, tetapi beberapa lainnya bisa menandakan kondisi jantung yang mendasarinya.. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Murmur jantung atau bising jantung mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang. Murmur jantung ini tidak berarti bahwa ada suara bising di jantung Anda.

    Faktanya, Anda bisa mendengarkan suara bising tersebut menggunakan stetoskop. Seperti dimuat thehealthy, beberapa murmur jantung tidak berbahaya, tetapi beberapa lainnya bisa menandakan kondisi jantung yang mendasarinya.

    Dan berikut ini adalah gejala penyakit murmur jantung yang mungkin belum banyak diketahui:

    Sesak nafas atau nyeri dada

    Merasa sesak nafas atau sulit bernapas biasanya tanda mumrmur jantung yang terkait dengan masalah katup. “Katup yang ada di dalam jantung merupakan pintu yang berguna untuk menjaga agar darah mengalir secara satu arah. Dan terkadang pintu ini tidak tertutup atau terbuka secara sempurna,” ujar Patrick Collier, MD, PhD, seorang ahli jantung di Cleveland Clinic.

    Kembung 

    Ada banyak kemungkinan penyebab perut kembung, tetapi pembengkakan di beberapa bagian tubuh perlu menjadi perhatian lebih. “Beberapa orang mungkin mengalami pembengkakan pada pergelangan kaki, tangan, atau perut,” ujar Brent Lampert, DO, seorang ahli jantung di The Ohio University Wexner Medical Center. Sirkulasi darah yang buruk (kemungkinan disebabkan oleh katup jantung yang disfungsional) terkadang dapat menyebabkan kelebihan cairan menumpuk, biasanya di ekstremitas.

    Masalah tiroid

    Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, murmur jantung dapat menyebabkan terjadinya disfungsional kelenjar tiroid. “Kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan aliran darah yang bergolak di jantung,” ujar Dr Collier.

    Kehamilan 

    Murmur jantung yang tidak berbahaya mungkin bisa timbul ketika terjadinya kehamilan karena meningkatnya volume darah yang memompa ke seluruh tubuh, jelas Joy M. Gelbman, MD, ahli jantung di Weill Cornell Medicine. Jika dokter tidak mendeteksi penyebab lain yang mendasari, murmur jantung kemungkinan akan hilang setelah kehamilan.

    Pusing 

    Merupakan hal yang normal untuk merasa sedikit tidak seimbang setelah berdiri terlalu cepat atau sakit kepala setelah lama tidak makan atau minum. etapi merasa pusing tanpa alasan yang jelas bisa dikaitkan dengan murmur jantung. “Beberapa orang dengan masalah katup parah mengalami episode pingsan,” kata Dr Collier.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id