Waktu yang Tepat Mengganti Seprai

    Kumara Anggita - 09 September 2019 12:32 WIB
    Waktu yang Tepat Mengganti Seprai
    American Academy of Dermatology juga menyarankan mengganti sarung bantal Anda dua hingga tiga kali seminggu. (Foto: Pexels.com)
    Michael Schmidt, Ph.D mengatakan banyak faktor menentukan apakah Anda harus mencuci seprai lebih dari sekali seminggu berdasarkan gaya hidup Anda. American Academy of Dermatology menyarankan mengganti sarung bantal Anda dua hingga tiga kali seminggu. Tapi, jika Anda cenderung berkeringat di tempat tidur, maka Anda harus lebih sering lagi mengganti seprai tersebut.


    Jakarta: Kotoran di seprai yang tidak terlihat membuat Anda sedikit banyak jadi malas untuk menggantinya. Karena itu, timbul pertanyaan kapan waktu ideal untuk menggantinya?

    Waktu ideal untuk mengganti seprai tergantung pada preferensi tidur Anda seperti "seberapa banyak Anda bergerak dalam tidur atau pakaian macam apa yang Anda gunakan."

    Anda juga perlu mempertimbangkan apakah Anda tidur sendiri atau berbagi tempat tidur dengan orang yang dicintai atau hewan peliharaan.

    Ini karena di seprai Anda tersimpan banyak hal seperti sel kulit mati, minyak tubuh, air liur, tungau, debu dan lain-lain.

    Hal-hal tersebut dapat berdampak pada kulit Anda, salah satunya jerawat. "Tidak mengganti seprai Anda secara teratur "dapat mengganggu ekosistem kulit Anda," ungkap dermatologis Whitney Bowe, M.D.

    Waktu yang Tepat Mengganti Seprai
    (Michael Schmidt, Ph.D mengatakan banyak faktor menentukan apakah Anda harus mencuci seprai lebih dari sekali seminggu berdasarkan gaya hidup Anda. Foto: Pexels.com)

    Untuk menghindari ini, Anda setidaknya harus mengganti seprai Anda seminggu sekali. Namun kembali lagi, semua bergantung pada kebersihan Anda secara keseluruhan.

    "Banyak faktor menentukan apakah Anda harus mencuci seprai lebih dari sekali seminggu berdasarkan gaya hidup Anda," jelas Michael Schmidt, Ph.D.

    Good Housekeeping menyarankan bahwa mencuci seprai Anda bisa dilakukan setidaknya sekali setiap dua minggu. Tetapi mereka juga mencatat bahwa jika Anda cenderung berkeringat di tempat tidur, maka Anda harus lebih sering lagi mengganti seprai tersebut.

    Ini juga berlaku untuk orang yang memiliki alergi seperti hayfever, karena serbuk sari dapat menumpuk cukup drastis di sana.

    Tungau debu juga berperan dalam hal ini karena mereka dapat memicu gejala alergi seperti pilek, mata berair, bersin, dan ketidaknyamanan umum yang bikin Anda susah tidur.

    Selain itu, American Academy of Dermatology juga menyarankan mengganti sarung bantal Anda dua hingga tiga kali seminggu.

    Bila Anda merasa tidak sempat melakukannya, setidaknya Anda harus lebih ekstra dalam membersihkan wajah Anda. "Selalu mencuci muka sebelum tidur, bahkan jika Anda hanya menggunakan pelembap atau tabir surya pada siang hari," kata Dr Bowe.

    Jika Anda ingin kulit yang bagus dan mendapatkan  tidur yang nyenyak, maka mulai dari sekrang biasakan untuk mengganti seprai Anda, setidaknya seminggu sekali. Dengan seperti itu, semua partikel yang tak Anda inginkan tidak berlama-lama tinggal di sana.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id