Yuk, Ajak Buah Hati Tummy Time

    Pelangi Karismakristi - 10 Januari 2019 17:11 WIB
    Yuk, Ajak Buah Hati <i>Tummy Time</i>
    Tummy time merupakan waktu bagi bayi untuk tengkurap bertumpu pada perutnya. (Foto Ilustrasi: Flip Mroz/Unsplash.com)
    Jakarta: Ada beberapa hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama buah hati, meskipun ia masih bayi. Salah satunya adalah tummy time.

    Tummy time merupakan waktu bagi bayi untuk tengkurap bertumpu pada perutnya. Seorang dokter anak di Children's Hospital Boston, Joanne Cox, mengatakan dengan membiarkan bayi tengkurap dengan perutnya beberapa menit, akan membantu melatih semua otot di bagian atas tubuhnya.
    "Tummy time membantu bayi Anda membangun kekuatan di punggung, kaki, lengan, dan leher. Ini akan membantu perkembangan bayi selanjutnya, seperti berguling dan duduk," kata Joanne seperti dilansir dalam Parents.com.

    Selain itu melakukan tummy time secara teratur dapat menghindari bayi terkena flek di bagian belakang kepalanya dan membantu mencegah sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Tummy time juga bermanfaat untuk bayi dengan kondisi torticollis, yang menyebabkan kepala miring secara tidak wajar karena otot leher kaku dan kencang.

    Lalu, sebaiknya kapan memulai tummy time? Anda bisa memulainya ketika bayi berumur 2 minggu selama 30 detik hingga satu menit. Coba letakkan perut bayi di dada atau pangkuan Anda. Lakukanlah ketika mengganti popoknya dan hindari tummy time saat bayi usai menyusui.

    "Jangan kaget jika bayi Anda rewel dan menunduk, coba lagi nanti. Banyak bayi yang tak menikmati tummy time pada awalnya, tapi secara bertahap merasa nyaman dan membangun kekuatan otot," tutur dokter anak sekaligus penulis buku Baby 411 Ari Bworn.

    Pada usia tiga atau empat bulan, bayi Anda bisa mengangkat dadanya sendiri dari lantai dan bersandar pada sikunya dengan kepala tegak. Bahkan mungkin dia bisa mengangkat tangannya dari lantai, melengkungkan punggung dan menendang kakinya.

    Setelah empay bulan, bayi Anda mungkin telah cukup kuat untuk mulai berguling selama tummy time. Kemudian saat ia mulai tumbuh, usahakan melakukan tummy time selama minimal 15 menit tiap harinya. Lalu Anda bisa menghentikan tummy time pada saat ia sudah bisa berguling sendiri biasanya saat usianya enam bulan.

    Cerdas Menjaga Tumbuh Kembang Si Kecil (1)




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id