Redakan Gejala-gejala PMS dengan Magnesium

    Raka Lestari - 14 Februari 2019 11:04 WIB
    Redakan Gejala-gejala PMS dengan Magnesium
    Sumber magnesium yang baik berasal dari sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang almond, kacang mete dan kacang tanah. (Foto Ilustrasi: MIlada/Unsplash.com)
    Jakarta: Ada banyak wanita yang mengalami premenstrual syndrome (PMS). Gejala-gejala dari PMS di antaranya adalah sakit kepala, kram di perut, mudah marah, hingga kenaikan berat badan.

    PMS terjadi selama 'fase luteal' dari siklus menstruasi. Yaitu dua minggu antara masa ovulasi dan hari pertama menstruasi.

    Menurut PubMed Health, selama PMS beberapa wanita merasakan berbagai ketidaknyamanan fisik, seperti sakit perut, kram perut, sakit punggung, sakit kepala, kembung, pertambahan berat badan, nyeri payudara, masalah tidur dan ketidaknyamanan pencernaan.

    Beberapa wanita bahkan membeberkan perasaan tertekan psikologis. Seperti kecemasan, kesedihan, kelelahan, mudah marah, dan rendah diri.

    Baca juga: 4 Makanan Tinggi Kolesterol yang Bermanfaat bagi Tubuh

    Direktur nutrisi dari Healthista, Rick Hay, mengatakan bahwa magnesium merupakan salah satu cara untuk mengurangi gejala PMS.

    "Jika Anda mengalami PMS, cobalah mengonsumsi magnesium setiap hari. Ini akan meringankan tingkat stres dan kecemasan serta membantu dengan sakit kepala dan kram otot," ujar Hay.

    Magnesium adalah mineral yang memainkan peran penting dalam lebih dari 300 reaksi enzimatik yang berbeda dalam tubuh setiap hari. Penelitian menemukan bahwa magnesiuam dapat membantu Anda mencapai tidur malam yang nyenyak. Mengurangi gejala restless leg syndrome, sakit kronis, kelelahan, perubahan suasana hati, dan migrain.

    "Magnesium tidak hanya membantu kelelahan, tetapi juga membantu fungsi psikologis normal, yang pada dasarnya berarti dapat membantu menstabilkan suasana hati Anda," kata Hay.

    Pada 2017, para peneliti menerbitkan sebuah studi dalam jurnal PLoS One, menemukan orang dewasa yang menerima 248mg magnesium sehari selama enam minggu. Di situ para peneliti melihat peningkatan yang signifikan dalam tingkat depresi dan kecemasan.

    Sumber magnesium yang baik berasal dari sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang almond, kacang mete dan kacang tanah. Selain itu ada juga dalam kandungan bayam, beras merah, dan kacang hitam bersama dengan edamame. Jika Anda kesulitan mendapatkan asupan magnesium melalui makanan, coba tambahkan dengan suplemen magnesium.

    Nih Tips Asupan Gizi bagi Si Sibuk




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id