Lingkungan Disebut sebagai Faktor Penting Kesehatan Mental

    Raka Lestari - 08 Januari 2020 09:04 WIB
    Lingkungan Disebut sebagai Faktor Penting Kesehatan Mental
    Roby Muhamad Ph. D, Sosiolog dari Universitas Indonesia--Medcom.id/Raka Lestari.
    Jakarta: Lingkungan merupakan salah satu faktor penting bagi kesehatan mental seseorang. Jika seseorang berada di lingkungan yang positif, maka kesehatan mental orang tersebut juga akan positif.

    Begitu pun sebaliknya. Hal ini ternyata bisa dijelaskan dari sisi ilmu pengetahuan. Sekitar tahun 2007 - 2008 ada beberapa riset yang cukup mengemparkan di dunia ilmu sosial. Khususnya sosiologi oleh Nicholas Christakis dari Harvard University yang memanfaatkan data kesehatan fisik, maupun kesehatan mental yang memperlihatkan bahwa perilaku, atau sikap kesehatan mental.

    "Seperti happiness, loneliness, dan kesehatan fisik seperti obesitas, dan keputusan untuk merokok ataupun berhenti merokok, itu ternyata menular,” ujar Roby Muhamad Ph. D, Sosiolog dari Universitas Indonesia, dalam acara Sun Life Resolution Run 2020, di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, 7 Januari 2019. 

    Artinya adalah seiring waktu, orang yang berteman atau memiliki relasi dengan empat hal tadi yaitu loneliness, happiness, merokok, obesitas, maka seseorang tersebut akan semakin mungkin mengalami hal serupa pada masa yang akan datang. 

    Ia juga menambahkan, hasil riset juga menunjukan bahwa bukan hanya teman kita yang bisa memengaruhi kesehatan mental, tetapi juga temannya teman. "Biasanya temannya teman tidak saling mengenal, tapi nyatanya kesehatan mental seseorang bisa menular juga dari temannya teman kita tersebut,” paparnya.

    Menurut Roby, hal ini karena dalam pengambilan keputusan, individu dipengaruhi kuat oleh microenvironment di mana seseorang berada dan dengan siapa ia bergaul seperti sekolah, keluarga, tempat kerja dan tempat tinggal.

    Selain microenvironment, terdapat juga macroenvironment berupa sistem edukasi, kebijakan pemerintah, perkembangan industri, teknologi, dan lain-lain yang bisa memengaruhi pola pengambilan keputusan seseorang yang akhirnya berpengaruh pada kesehatan mental seseorang itu sendiri.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id