Lindungi Mata dari Polusi dengan Meminum Jus Ini

    Kumara Anggita - 05 November 2019 09:00 WIB
    Lindungi Mata dari Polusi dengan Meminum Jus Ini
    Ilustrasi- Pexels
    Jakarta: Gizi yang tidak sesuai dapat memengaruhi kesehatan mata. Beberapa diantaranya adalah penurunan fungsi penglihatan pada saat pergantian sore ke malam, tidak bisa melihat dengan cepat dari terang ke gelap atau sebaliknya dari gelap ke terang, mata merah, nyeri, gatal, penglihatan kabur dan lain-lain.

    "Orang yang gizinya tercukupi matanya jadi tidak mudah lelah, begitu juga dengan fungsi pengelihatan mata," ujar Ahli Nutrisi, Dokter Rita Ramayulis dalam acara media bertajuk Your Eyes Will Thank You di Jakarta.

    Berdasarkan penjelasan dari Signify Philips, zat gizi yang berperan dalam kesehatan mata adalah karotenoid yabg terbagi menjadi xantofil dan karoten. Dengan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung xantofil dan karoten, mata Anda akan terasa nyaman.

    Xantofil mengandung oksigen yang berperan melindungi mata dari sinar matahari dan polusi. Untuk mendapatkan xantofil, Anda bisa mengonsumsi labu kuning, jagung kuning, bayam, daun ginseng, daun mint, kubis, alpukat, jeruk manis, pepaya kuning, dan buah lainnya yang berwarna kuning.

    Sementara, karoten mengandung hidrokarbon yang dikelompokkan menjadi provitamun A dan non provitamin A. Provitamin A akan diubah menjadi vitamin A di usus hati sehingga kesehatan mata jadi terjaga. Ini menghambat degenarasi sel mata akibat oksidasi dan melindungi sel mata akibat oksidasi.

    Yang termasuk ke dalam kelompok provitamin A adalah alpha karoten, beta karoten, dan beta cryptoxantin. Anda bisa konsumsi kiwi, wortel, sawo, stroberi, aprikot kering, tomat, semangka, buah bjni, nanas, terong belanda, markisa, apel malang.

    Provitamin A di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A, dan akan dibawa oleh transport retinol bidang protein (ikatan protein dengan vitamin A) menuju mata. Kecukupan asupan protein sangat menentukan kesehatan mata Anda.

    Bahan-bahan yang mengandunb xantofil dan karoten bisa Anda olah menjadi jus sesuai dengan selera. Jus tersebut juga bisa ditambahkan sumber protein seperti yoghurt.

    Jus Jeruk Markisa

    Jeruk manis mengandung xantofil yang dapat melindunu mata dari sinar matahari dan polusi. Sementara buah markisa merupakan sumber karoten yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

    Bahan:
    -100gr markisa

    -100gr jeruk manis

    -100 cc air matang

    -Gula atau madu secukupnya

    -Es batu secukupnya

    Cara membuat:
    -Peras jeruk manis dan ambil airnya
    -Masukkan isi buah markisa, air jeruk manis dan gula atau madu secukupnya dalam blender.
    -Haluskan sampai tercampur rata. Agar lebih segar, dapat ditambahkan es batu secukupnya
    -Jus jeruk markisa siap diminum.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id