4 Perubahan Gaya Hidup yang Tangani Kolesterol

    Sunnaholomi Halakrispen - 20 September 2020 10:00 WIB
    4 Perubahan Gaya Hidup yang Tangani Kolesterol
    Berikut ini lima perubahan gaya hidup yang bisa Anda terapkan untuk menangani kolesterol tinggi Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Pengobatan dapat membantu meningkatkan kolesterol Anda. Namun, perubahan gaya hidup pun dapat membantu meningkatkan kekuatan obat penurun kolesterol.

    Dikutip dari Mayo Clinic, terdapat lima perubahan gaya hidup yang bisa Anda terapkan untuk menangani kolesterol tinggi. Jika Anda sudah minum obat, perubahan ini dapat meningkatkan efek penurun kolesterol.

    1. Makan makanan yang menyehatkan jantung

    Beberapa perubahan dalam diet Anda dapat mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Pertama, mengurangi konsumsi lemak jenuh. 

    Lemak jenuh, ditemukan terutama dalam daging merah dan produk susu berlemak penuh, meningkatkan kolesterol total Anda. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat.

    Kemudian, kurangi lemak trans. Lemak trans, terkadang tercantum pada label makanan 'minyak nabati terhidrogenasi parsial'. Kandungan tersebut sering kali digunakan dalam margarin, kerupuk, dan kue yang dibeli di toko. Lemak trans meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan. 

    Ketiga, makan makanan yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 tidak memengaruhi kolesterol LDL, tetapi memiliki manfaat kesehatan jantung lainnya, termasuk mengurangi tekanan darah. Makanan dengan asam lemak omega-3 adalah salmon, mackerel, herring, kenari, dan biji rami.

    Lalu, tingkatkan serat larut, karena dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Serat larut ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis Brussel, apel, dan pir.

    Selanjutnya, tambahkan protein whey, yang bisa ditemukan dalam produk susu, karena dapat menjelaskan banyak manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan produk susu. Penelitian telah menunjukkan bahwa protein whey yang diberikan sebagai suplemen menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total, serta tekanan darah.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id