Sepuluh Perawatan Kulit Terbaik Pasca Melahirkan

Sri Yanti Nainggolan - 17 April 2018 18:37 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kulit kendur dan bekas stretch mark menjadi salah satu masalah kulit yang sering dikeluhkan wanita pasca melahirkan. Banyak yang bertanya, apakah kulit bisa kembali kencang seperti semula.

Meski butuh waktu lama untuk memulihkan kondisi kulit seperti saat belum melahirkan, ada beberapa perawatan yang bisa Anda coba. 

1. Dilansir dari The Health Site, pembersih, penyegar, dan pelembab adalah peralatan yang tak boleh digunakan. Meskipun tubuh lelah setelah seharian mengurus si kecil dan ingin tidur sejeanak, perawatan wajah dasar ini tetap harus dilaksanakan. 

2. Membersihkan wajah dua kali sehari menjadi hal yang penting. Kebiasaan tersebut menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan mencegah jerawat. Ketidakseimbangan hormon pascamelahirkan dapat menimbulkan jerawat. Cara mudah untuk mencegahnya adalah dengan menjaga pori-pori kulit tetap bersih dari kotoran dan minyak berlebih di kulit. 

3. Penyegar wajib digunakan karena cairan tersebut membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit.

4. Mengelupas kulit dapat membantu menjaga agar kulit tetap lembut dan lentur karena menghilangkan sel kulit mati. Mengelupas kulit sebaiknya tidak dilakukan lebih dari tiga kali seminggu. Cukup gunakan scrub untuk menghilangkan kulit-kulit mati. 

5. Selama kehamilan, tubuh menggunakan banyak darah dan air untuk mempertahankan bayi yang sedang tumbuh. Dengan demikian, kelembapan tersedot keluar dari kulit. Inilah mengapa penting untuk menghidrasi kulit di masa postpartum. Gunakan pelembab berbahan dasar air atau serum asam Hyaluronic yang mengunci kelembapan kulit. 

6. Gunakan tabir surya secara rutin untuk menghindari chloasma yang merupakan perubahan warna kulit selama masa kehamilan. Paparan sinar matahari memperburuk bintik-bintik hitam tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan tabir surya sebanyak dua atau  tiga kali setiap hari. 

7. Kurang tidur adalah penyebab utama kulit yang kusam, lelah, lingkaran hitam dan mata bengkak. Jadi, usahakan untuk tidur ketika bayi tidur, ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan tidur dan istirahat yang baik.

8. Oleskan krim mata kering dan tekan lembut bagian kelopak mata dengan sendok dingin atau irisan mentimun dingin dalam kondisi tata tertutup. 

9. Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari dan lakukan diet sehat.

10. Untuk menghindari guratan atau stretch mark, mulailah menggunakan pelembap atau minyak yang kaya vitamin E, minyak zaitun atau mentega coklat saat dan setelah masa kehamilan.

Lihat video:




(DEV)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.