MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:25
    SUBUH 04:35
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 18:59

    Download Jadwal Imsakiyah

    Cara Mengeluarkan Air yang Masuk ke Kuping

    Raka Lestari - 08 April 2019 14:26 WIB
    Cara Mengeluarkan Air yang Masuk ke Kuping
    Menurut Dr Farhad Chowdhury, seorang dokter di ENT & Allergy Associates di Clark, New Jersey, air yang terjebak di dalam telinga Anda sebenarnya terperangkap di luar gendang telinga. (Foto: Pexels.com)
    Menurut Dr Farhad Chowdhury, seorang dokter di ENT & Allergy Associates di Clark, New Jersey, air yang terjebak di dalam telinga Anda sebenarnya terperangkap di luar gendang telinga. Dr Chowdury merekomendasikan untuk memiringkan kepala ke samping dan menarik telinga Anda secara lembut. Dengan menarik telinga Anda, Anda memanipulasi saluran telinga.


    Jakarta:
    Sehabis berenang, biasanya keluhan yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah masuknya air ke dalam telinga yang tentu saja sangat membuat tidak nyaman.

    Meskipun hal ini tidak berbahaya, namun air yang masuk ke dalam telinga tersebut terkadang bisa menyebabkan rasa sakit dan bahkan bisa menyebabkan infeksi.

    Dan ternyata cara yang bisa dilakukan jika Anda mengalami hal tersebut bukanlah dengan melompat-lompat atau menggeleng-gelengkan kepala Anda agar air dalam telinga Anda tersebut bisa keluar.

    Menurut Dr Farhad Chowdhury, seorang dokter di ENT & Allergy Associates di Clark, New Jersey, air yang terjebak di dalam telinga Anda sebenarnya terperangkap di luar gendang telinga.  

    Seringkali, bercampur dengan kotoran telinga dan tersangkut di belakangnya, membuat Anda merasa telinga Anda tersumbat. Dan jika terlalu lama di sana, itu bisa menyebabkan lebih dari sekadar ketidaknyamanan.

    "Hal tersebut adalah tempat yang baik untuk bakteri dan infeksi," kata Chowdhury. Untungnya, Anda bisa mengetahui cara mengeluarkan air dari telinga Anda dalam beberapa langkah mudah, antara lain:

    Cara Mengeluarkan Air yang Masuk ke Kuping
    (Dr Farhad Chowdhury, seorang dokter di ENT & Allergy Associates di Clark, New Jersey merekomendasikan untuk memiringkan kepala ke samping dan menarik telinga Anda secara lembut untuk mengeluarkan air yang masuk ke telinga. Foto: Pexels.com)

    (Baca juga: Cara Membersihkan Telinga Bayi dengan Benar)

    1. Goyangkan telinga

    Chowdury merekomendasikan untuk memiringkan kepala ke samping dan menarik telinga Anda secara lembut. "Dengan menarik telinga Anda, Anda memanipulasi saluran telinga dan itu membantu air keluar dengan sendirinya," katanya.

    2. Metode kompres

    Menurut Chowdury, panas dari kompres akan membantu mencairkan zat lilin dalam telinga yang menghalangi air. Zat lilin tersebut akan mengendur dan keluar dari telinga, membebaskan air yang tersangkut di belakangnya.

    3. Menggunakan pengering rambut

    Dr Ana Kim, otolaryngologist di Columbia Doctors dan Associate Professor of Otolaryngology-Head & Neck Surgery di Columbia University Medical Center, menyarankan untuk menggunakan pengering rambut, atur pada tingkat panas yang terendah dan arahkan ke telinga Anda sambil menggelengkan kepala.

    Dengan beberapa cara di atas bisa mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga. Atau jika tetap tak ada perubahan temui dokter spesialis THT di beberapa rumah sakit seperti RSCM - Kencana, Rumah Sakit Royal Taruma, atau Siloam Hospitals Kebon Jeruk.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id