Virus Korona

    Kemenkes Rutin Mengecek Suhu Badan WNI di Natuna

    Kumara Anggita - 04 Februari 2020 15:07 WIB
    Kemenkes Rutin Mengecek Suhu Badan WNI di Natuna
    Konferensi pers Kemenkes terkait kabar terbaru WNI yang diobservasi di Natuna (Foto: Kumara/Medcom.id)
    Jakarta: Virus Korona atau novel Coronavirus (2019-nCov) terus menggemparkan dunia. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Tiongkok sampai dievakuasi ke Indonesia pada Sabtu 1 Februari lalu. Saat ini mereka diobservasi di Natuna.

    Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan, drg. Widyawati, MKM menyatakan bahwa, keadaan WNI dari Tiongkok yang berada di Natuna saat ini dalam keadaan sehat dan bahagia. WNI dan petugas kesehatan melakukan kegiatan seperti biasa.

    Data terbaru dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa hingga hari ini sudah ada 17.391 kasus Virus Korona. Sementara 17.238 diantaranya terjadi di Tiongkok dan 361 orang telah meninggal dunia.

    Virus ini sudah menyebar di wilayah Asean antara lain Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Kamboja, Filipina. Sejauh ini, belum ada laporan bahwa ada orang Indonesia yang tertular.

    “Dari 44 sample yang kami terima per 3 Februari 38 di antaranya negatif,” ujarnya di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2019.

    WNI yang saat ini diobservasi di Natuna dilaporkan dalam keadaan sehat dan terus dipantau oleh petugas kesehatan. Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sugihantono yang saat ini berada di Natuna, suhu badan mereka dicek di pagi hari dan sebelum tidur.

    “Dari laporan yang diterima dari tempat observasi di Natuna sampai hari ketiga, seluruh WNI dan petugas di Natuna dalam kondisi sehat setelah melakukan pemeriksaan secara rutin dua kali sehari. Untuk mencegah pencegahan virus atau kuman penyakit di area karantina, petugas kesehatan juga melakukan disinfeksi tenda-tenda tempat tinggal. Seluruh WNI dan petugas merasa sehat bahagia dan mengucapkan ucapan terima kasih kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia atas perhatian dan dukungannya,” ujar Widyawati.

    Kemenkes menghimbau masyarakat di Indonesia untuk tetap waspada dan menjaga daya tahan tubuh. Terapkan perilaku hidup bersih yang sehat dan germas.

    “Kalau mengalami gejala seperti influenza demam, pilek, batuk, sesak napas segera periksakan ke fasilitas kesehatan,” tambah Widyawati.

    Santai Tanggapi Korona, Menkes: Angka Kematian Hanya 2 Persen




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id