Kurangi Risiko Hipertensi dengan Air Kelapa

    Raka Lestari - 30 Juli 2020 13:07 WIB
    Kurangi Risiko Hipertensi dengan Air Kelapa
    Air kelapa muda segar juga dapat berfungsi untuk memperbaiki sensitivitas insulin serta dapat memberikan efek anti hipertensi. (Foto: Ilustrasi-freepik)
    Jakarta: Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Selain itu, penyakit hipertensi termasuk juga penyakit penyerta (komorbid) yang dapat menyebabkan seseorang memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi covid-19. Atau bahkan dapat menunjukkan gejala yang lebih berat jika terkena covid-19.

    American Heart Association (AHA) mencatat bahwa, orang dengan tekanan darah tinggi bisa jadi akan menghadapi risiko komplikasi lebih parah jika terinfeksi virus covid-19. Dan, salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko hipertensi atau darah tinggi adalah, dengan mengonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda sangat banyak ditemukan di Indonesia.

    Air kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi penting seperti karbohidrat, serat, protein vitamin C, magnesium, mangan, potasium, sodium, dan kalsium.

    “Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, yang diberikan air kelapa muda segar 300ml sebanyak dua kali sehari selama 14 hari berturut-turut menunjukkan adanya penurunan tekanan darah sistolik,” ujar DR Med, Dr. Maya Surjadjadja, M.Gizi, Sp.GK, FAAMFM (Specialized in Clinical Nutrition), dalam Webinar “Bahaya Penyakit Penyerta pada Pasien Covid-19” Sabtu, 11 Juli 2020.

    Dokter Maya juga menambahkan bahwa kandungan kalium dalam air kelapa muda segar sangat tinggi. Kandungan kaliumnya bisa mencapai 600 mg kalium dalam 240 ml air kelapa muda.

    "Kalium juga berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, serta memperbaiki fungsi endotel. Endotel adalah sel-sel yang ada di lapisan pembuluh darah” kata Dr. Maya.

    “Selain itu, air kelapa juga bermanfaat untuk meningkatkan enzim antioksidan. Enzim ini baik karena dapat mengurangi penyakit-penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, diabetes, perlemakan hati, batu ginjal, dan lain sebagainya,” jelas Dr. Maya.

    Menurut Dr. Maya, antioksidan yang terdapat dalam air kelapa muda segar juga dapat berfungsi untuk memperbaiki sensitivitas insulin serta dapat memberikan efek anti hipertensi. Meskipun air kelapa baik untuk dikonsumsi, tetap harus diingat agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

    “Pada pasien yang mengalami darah tinggi, 2 cangkir setiap hari sudah cukup atau bisa lebih sedikit. Namun karena air kelapa dapat menurunkan tekanan darah, perlu diperhatikan juga apakah sudah mengonsumsi obat darah tinggi. Jika meminum kedunya sekaligus maka bisa menyebabkan hipotensi atau tekanan darah rendah,” tutup Dr. Maya.


    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id