Peneliti Bantah Anak Kecil Bersifat Egois

    Kumara Anggita - 03 Agustus 2020 10:00 WIB
    Peneliti Bantah Anak Kecil Bersifat Egois
    Peneliti membantah jika sifat egois bisa terlihat sejak anak masih kecil. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Banyak yang percaya bahwa manusia pada dasarnya bersifat egois, dan hal ini bisa dilihat dari anak masih kecil. Akan tetapi, penelitian psikologis baru-baru ini menunjukkan hal yang berbeda.

    Anak kecil ternyata memiliki sifat alturistik yang kuat. Sifat alturistik adalah perhatian ingin membantu orang lain di luar dirinya sendiri. 

    Dikutip dari Huffpost, peneliti Felix Warneken dari Universitas Michigan telah menghabiskan 17 tahun memelajari balita, dan dia belajar bahwa anak-anak menampilkan perilaku altruistik sejak usia sangat muda.

    "Apa yang kami temukan adalah anak-anak memiliki kecenderungan biologis yang bersifat spontan untuk peduli terhadap orang lain," katanya kepada HuffPost.

    “Mereka membantu sejak dini, dan mereka melakukannya secara spontan tanpa diminta, menawarkan hadiah atau diamati oleh orang tua mereka. Ini membuat kami percaya bahwa sifat manusia tidak sepenuhnya egois,” paparnya.

    Kendati demikian, orang dewasa tetap perlu berperan dalam membimbing anak-anak. Mereka harus mengajarkan untuk menyeimbangkan sifat altruisme dan minat pribadi mereka. 

    Ini bisa dilakukan dengan cara membicarakan perasaan, membagikan pandangan yang berbeda, mengajarkan rasa bersyukur, mangajak anak untuk menjadi relawan, libatkan anak dalam melakukan sumbangan dan masih banyak lagi.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id