5 Tips sebelum Melakukan Olahraga Lari

    Raka Lestari - 25 September 2020 09:10 WIB
    5 Tips sebelum Melakukan Olahraga Lari
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Olahraga lari paling banyak digemari dan juga mudah dilakukan. Kendati demikian, yang terpenting adalah melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga lari, untuk menghindari terjadinya cedera.

    “Sebenarnya dalam melakukan olahraga itu, yang terpenting bukan beratnya tetapi rutinitasnya. Olahraga bisa dilakukan 3 – 4 kali seminggu selama 30 menit. Boleh ditingkatkan, tetapi dilakukan secara bertahap dan sesuaikan dengan kemampuan,” jelas dr. Andi Nusawarta, M.Kes, Sp.OT (K) Sport, Dokter Spesialis Bedah Tulang dan Sendi Konsultan Cedera Olahraga dan Arthroskopi.

    Berikut ini adalah tips yang perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga lari menurut dr. Andi:

    1. Selalu melakukan pemanasan dan pendinginan

    Lakukan pemanasan atau olahraga seluruh tubuh sebelum berlari agar tubuh lebih siap. Pilih waktu berolahraga pagi atau sore hari karena pada siang hari cenderung lebih panas. Sehingga lebih cepat mengalami dehidrasi. Pada pagi hari juga ada sinar matahari baik untuk membantu pembentukan vitamin D.

    5 Tips sebelum Melakukan Olahraga Lari

    2. Beri waktu istirahat

    Di tengah-tengah waktu berlari, jangan lupa untuk melakukan istirahat. Dengan beristirahat, Anda akan memulihkan tubuh yang lelah dan mencegah cedera. Dengan beristirahat, mencegah otot mengalami overuse.
     
     

    3. Pilih sepatu yang tepat

    Bagi yang menyukai olahraga lari, pilih sepatu khusus untuk olahraga lari. Pilih ukuran sepatu yang tepat, jangan terlalu besar atau kekecilan. Pastikan bagian bawah sepatu memiliki sol yang tebal serta harus memiliki kelengkungan yang kuat untuk membantu mengurangi ketegangan di tendon.

    4. Pilih pakaian yang nyaman

    Saat melakukan olahraga lari, yang perlu diperhatikan adalah jenis pakaian yang nyaman. Hindari bahan katun yang bisa menyerap keringat, sehingga membuat tidak nyaman saat berlari. Sebaliknya, pilih bahan yang bersifat teknis, seperti polyester dan nilon yang dapat menguapkan kelembapan keluar dari tubuh dan cepat kering.

    5. Pilih makanan yang tepat

    Makanan yang baik adalah yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, dll. Hindari makanan tinggi protein dan berlemak karena sulit dicerna sehingga butuh waktu lama untuk dikonversi menjadi energi.

    Sebelum berlari, sebaiknya minum sekitar 160 – 180 ml. kemudian minum kembali setelah 15 – 20 menit berlari. Minum air putih lebih baik daripada minuman isotonik.

    (FIR)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id