Kalsium dari Susu Tidak Membuat Tulang Kuat?

    Torie Natalova - 21 Oktober 2016 11:09 WIB
    Kalsium dari Susu Tidak Membuat Tulang Kuat?
    Tulang yang kuat bisa dipertahankan dengan melakukan olahraga rutin seperti berjalan, berlari, bermain tenis, angkat beban, dan berenang. (Foto: Ndtvimg)
    medcom.id, Jakarta: Susu kaya kalsium telah lama dipercaya mampu membuat tulang Anda kuat, terutama saat memasuki usia senja.

    Kabar buruknya, dalam sebuah studi yang dilaporkan British Medical Journal menyebutkan bahwa orang-orang dengan usia lebih dari 50 tahun tidak dapat mempertahankan kekuatan tulang meskipun telah mengonsumsi susu kalsium.

    Kondisi ini tentu mengkhawatirkan, mengingat banyaknya orang yang berisiko terkena pengeroposan tulang atau oesteoporosis seiring bertambahnya usia. Terlebih, asupan kalsium dari susu tidak berkaitan dengan penyembuhan dan pencegahan dari patah tulang. 

    (Baca juga: Apa Itu Susu Organik?)

    Asupan kalsium untuk wanita di atas 50 tahun disarankan mendapat 1.200 mg kalsium per hari. Sementara pria di atas 50 tahun disarankan mendapatkan 1000 mg kalsium per hari. Wanita di bawah usia 50 tahun sebaiknya mengonsumsi 1000 mg kalsium per hari.

    Terlalu berlebihan mengonsumsi kalsium dapat menyebabkan penyakit jantung, gagal ginjal, atau batu ginjal. Dr. Karl Michaelsson dari Uppsala University Swedia yang melakukan studi terhadap osteoporosis juga menjelaskan bahwa mengonsumsi suplemen kalsium dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh.

    "Uji klinis suplemen kalsium dengan dosis 1000 mg/hari membawa efek samping termasuk mengalami penyakit kardiovaskular, batu ginjal serta gejala gastrointestinal akut," kata Karl.

    Karenanya, para manula diminta untuk mengonsumsi kalsium dari makanan tinggi kalsium alami. Ini untuk mencegah patah tulang tanpa menimbulkan efek samping dari konsumsi suplemen.

    Selain susu ataupun suplemen, kalsium yang tinggi terdapat pada sayuran berdaun hijau, susu kedelai, beberapa jus serta sereal makanan. Sementara itu, vitamin D yang bersumber dari sinar matahari membantu tubuh menyerap kalsium. Sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D sendiri. Vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan seperti jus jeruk dan produk susu serta beberapa jenis ikan.

    Tulang yang kuat bisa dipertahankan dengan melakukan olahraga rutin seperti berjalan, berlari, bermain tenis, angkat beban, dan berenang. Sebaiknya, hindari merokok dan alkohol karena dapat membuat tulang lemah.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id