Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

    Raka Lestari - 29 September 2020 11:14 WIB
    Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian
    Asupan vitamin terbaik untuk daya tahan tubuh adalah yang alami dan berasal dari sayur dan buah dengan kandungan vitamin C dan B. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Daya tahan tubuh memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Terutamanya, pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang diperlukan daya tahan tubuh yang kuat untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Daya tahan tubuh yang baik berasal dari sistem imunitas tubuh yang baik pula.

    Menurut dr. Carlinda Nekawaty, Medical Expert dari Combiphar mengatakan, ada banyak cara untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu dengan meningkatkan fungsi sistem imuntias di tubuh kita. "Yang paling sederhana adalah dengan memerhatikan kebutuhan asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh,” ujarnya dalam Virtual Media Briefing Combiphar Health Desk, Senin, 28 September 2020.

    Untuk mengetahui cara sehat dan tepat dalam memenuhi asupan vitamin harian, berikut tips yang dibagikan oleh dr. Carlinda:

    Mengonsumsi sumber makanan bervitamin setiap hari

    Asupan vitamin terbaik untuk daya tahan tubuh adalah yang alami dan berasal dari sayur dan buah dengan kandungan vitamin C dan B. Kebutuhan vitamin C bisa didapatkan dari buah dan sayuran seperti jeruk, jambu biji, pepaya, tomat, wortel dan bayam.

    Sedangkan untuk vitamin B kompleks bisa dari kacang-kacangan, pisang, alpukat, ditambah dengan susu, telur, daging dan ikan. Untuk mendapatkan komposisi vitamin yang tepat, lebih baik jika takaran sayur dan buah yang dikonsumsi adalah 48 – 95 gram per hari.

    Batasi konsumsi gula 

    Konsumsi makanan tinggi glukosa tidak hanya meningkatkan gula darah tetapi juga mencuri mikronutrien penting dalam tubuh. Gula darah tinggi menyebabkan penyerapan vitamin seperti vitamin C terhambat. Selain itu, mineral penting seperti kalsium, magnesium, kromium, dan zinc juga menjadi lebih sulit diserap tubuh.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id