Mana yang Lebih baik Buat Kesehatan Jantung, Teh Hijau atau Hitam?

    Kumara Anggita - 27 Januari 2020 07:00 WIB
    Mana yang Lebih baik Buat Kesehatan Jantung, Teh Hijau atau Hitam?
    Alasan teh baik buat kesehatan adalah karena adanya kekuatan polifenol. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Teh adalah minuman yang baik untuk kesehatan khususnya untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan juga stroke. Namun teh sendiri banyak jenisnya. Teh mana yang paling efektif menyehatkan tubuh Anda?

    Menurut penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology menyebutkan bahwa secangkir teh bisa menjauhkan Anda dari pergi ke dokter dan sekaligus dapat menambah umur. 

    Para peneliti menyarankan bahwa minum teh tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan hidup yang lebih lama.

    Alasan teh baik buat kesehatan adalah karena adanya kekuatan polifenol. Para ahli mengatakan bahwa manfaat kesehatan yang terlihat pada peminum teh bisa dikaitkan dengan polifenol. Sebuah bahan kimia organik yang ditemukan dalam teh hitam dan hijau.

    Mana yang Lebih baik Buat Kesehatan Jantung, Teh Hijau atau Hitam?
    (Para peneliti menyarankan bahwa minum teh tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Foto: Pexels.com)

    Manfaat dari teh hitam dan hijau sendiri berbeda. Perbedaannya mungkin lebih jelas di antara peminum teh hijau. Ini bisa jadi karena proses fermentasi yang menghasilkan teh hitam mungkin mencairkan efektivitas polifenol. Ada juga fakta bahwa teh hitam sering disajikan, dan diencerkan, dengan susu.

    Dongfeng Gu, PhD, seorang penulis studi senior dan profesor epidemiologi dan genetika medis di Akademi Cina, mencatat bahwa preferensi peserta penelitian cenderung condong ke arah teh hijau.

    "Dalam populasi penelitian kami, 49 persen peminum teh mengonsumsi teh hijau paling sering, sementara hanya delapan persen lebih memilih teh hitam," Gu menulis dalam rilisnya. 

    "Proporsi kecil dari peminum teh hitam biasa mungkin membuatnya lebih sulit untuk mengamati hubungan yang kuat, tetapi temuan kami mengisyaratkan efek diferensial antara jenis teh,” ujarnya. Kalau Anda suka minum teh hijau atau hitam? 



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id