Studi: Menghabiskan Waktu dengan Anak Tingkatkan Angka Harapan Orang tua

    Sri Yanti Nainggolan - 15 Maret 2017 15:58 WIB
    Studi: Menghabiskan Waktu dengan Anak Tingkatkan Angka Harapan Orang tua
    Sebuah laporan dari English Longitudinal Study of Ageing (ELSA) at University College, London (UCL) yang mengklaim bahwa lansia berusia di atas 50 tahun yang merasakan kepuasan hidup cenderung lebih panjang umur. (Foto: Pinterest/Sumsion on Flickr)
    medcom.id, Jakarta: Sebuah studi menyebutkan bahwa orang tua (lansia) yang menghabiskan waktu dengan anak mereka cenderung lebih panjang umur. 

    Para peneliti dari University of California, San Francisco menemukan bahwa kesendirian dapat menyebabkan penurunan fungsi dan dalam beberapa kasus, kematian dini pada orang tua atau lanjut usia (lansia). 

    Studi tersebut melibatkan 1.600 orang dewasa berusia rata-rata 71 tahun dan menemukan bahwa sekitar 23 persen dari partisipan yang kesepian meninggal dalam kurun waktu enam tahun selama studi. Sementara 14 persen diantaranya melaporkan bahwa mereka masih merasakan tingkat komunikasi persahabatan. 

    Studi: Menghabiskan Waktu dengan Anak Tingkatkan Angka Harapan Orang tua

    Para peneliti juga menemukan bahwa 43 persen partisipan berusia di atas 60 tahun merasa terisolasi. Mereka menyimpulkan bahwa kesepian adalah faktor signifikan yang dapat menurunkan kualitas hidup pada lansia dimana dapat mengarah pada depresi, kerusakan kognitif, dan masalah kesehatan lain seperti penyakit koroner arteri. 

    (Baca juga: Lansia Riskan Alami Kelainan Irama Jantung)

    "Kita membutuhkan orang yang selalu ada di dalam hidup, orang-orang yang mengenal kita, menghargai kita, dan membahagiakan kita, yang tak pernah pergi meninggalkan kita," ujar Barbara Moscowitz, pekerja sosial geriatrik senior di Massachusetts General Hospital.

    Studi: Menghabiskan Waktu dengan Anak Tingkatkan Angka Harapan Orang tuaStudi lain dari Brigham Young University tahun 2010 menemukan bahwa ikatan sosial sangat penting untuik meningkatkan angka harapan hidup.

    Hal ini menunjukkan bahwa mereka yang memiliki banyak teman dekat dan keluarga di sekitar kehidupan mereka cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka yang hidup sendiri. 

    Demikian pula dengan sebuah laporan dari English Longitudinal Study of Ageing (ELSA) at University College, London (UCL) yang mengklaim bahwa lansia berusia di atas 50 tahun yang merasakan kepuasan hidup cenderung lebih panjang umur. 

    Oleh karena itu, cobalah tetap berhubungan baik dengan orang tua, salah satunya dengan cara sering mengunjungi mereka jika Anda berada di luar kota agar mereka tak merasa kesepian. 








    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id