Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Sarung Tangan Karet

    Raka Lestari - 03 April 2020 18:00 WIB
    Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Sarung Tangan Karet
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Ada banyak salah informasi yang berkaitan dengan mencegah penyebaran covid-19. Salah satunya adalah penggunaan sarung tangan, yang biasanya yang terbuat dari bahan karet atau lateks.

    Padahal sebenarnya, penggunaan sarung tangan tersebut tidak disarankan untuk masyarakat umum. Kathleen Winston, dekan keperawatan di University of Phoenix juga menegaskan bahwa, penyedia layanan kesehatan adalah kelompok yang paling membutuhkan sarung tangan tersebut ketimbang masyarakat umum.

    Selain itu dalam menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

    -Jenis-jenis sarung tangan

    Tidak semua jenis sarung tangan sama. Cynthia Weston, associate dekan untuk urusan klinis dan penjangkauan di College of Nursing di Texas A&M University menjelaskan, sarung tangan berbahan kain atau bahan lainnya yang berpori tidak akan melindungi dari virus.

    Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Sarung Tangan Karet

    "Sarung tangan lateks, nitril, dan vinil merupakan bahan yang paling efektif,” ujarnya.

    Nitril merupakan pilihan yang cukup populer karena tahan lama dan lebih kuat dari lateks. Selain itu, jenis tersebut adalah salah satu pilihan terbaik untuk mereka yang memiliki alergi.

    -Aturan pakai

    Ketika Anda menggunakan sarung tangan dan tidak langsung membuangnya, maka berpotensi untuk mencemari barang-barng yang Anda sentuh. Weston menjelaskan bahwa, penting untuk membuang sarung tangan demi menghindari kontaminasi.

    “Sarung tangan merupakan barang sekali pakai karena jika digunakan kembali dapat mencemari benda lain, permukaan atau bahkan orang lain. Dan mencuci tangan merupakan hal yang penting, “ ujar Weston.

    "Tangan harus dicuci selama 20 detik sebelum dan sesudah penggunaan sarung tangan. Kontaminasi dan rekontaminasi adalah penyebab risiko infeksi,” terangnya.

    -Jangan menggunakan hand sanitizer

    Menggunakan hand sanitizer sebelum pakai sarung tangan mungkin dianggap dapat memproteksi secara berlebihan, namun Winston menyarankan untuk tidak melakukannya.

    Sarung tangan dibuat untuk sekali pakai, dan menggunakan pembersih tangan dapat menyebabkan robekan atau goresan. Kecuali sarung tangan Anda dirancang untuk sanitasi, sebaiknya tidak melakukan hal tersebut.

    -Sebelum menggunakan sarung tangan

    Cuci tangan dulu sebelum mengenakan sarung tangan. Selain itu, penting untuk memerhatikan penggunaan sarung tangan terutama jika harus menggunakan sarung tangan.

    "Jika sarung tangan terbuka atau sobek, sebaiknya langsung mengganti sarung tangan yang sedang dipakai," pungkas Wetson.


    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id