10 Bahan Herbal yang Bisa Membantu Turunkan Hipertensi

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 September 2020 15:00 WIB
    10 Bahan Herbal yang Bisa Membantu Turunkan Hipertensi
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Banyak orang dewasa di seluruh dunia mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain pengobatan dengan dokter, para ahli merekomendasikan untuk mengobati kondisi hipertensi dengan perubahan gaya hidup dan perawatan.

    Jika Anda berpikir untuk mencoba jamu untuk alasan medis, apakah itu ramuan utuh atau suplemen, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Hingga saat ini, tidak ada herbal yang secara teratur direkomendasikan oleh spesialis tekanan darah tinggi.

    Sebab, beberapa tumbuhan, terutama dalam jumlah banyak, dapat menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan atau mengganggu pengobatan lain. Berikut ini 10 bahan herbal untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dikutip dari Healthline:

    1. Kemangi

    Kemangi atau basil adalah ramuan lezat yang cocok untuk berbagai makanan. Kemangi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Pada hewan pengerat, ekstrak kemangi telah terbukti menurunkan tekanan darah, meski hanya sebentar.

    Bahan kimia eugenol, yang ditemukan dalam kemangi, dapat memblokir zat tertentu yang mengencangkan pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Namun, masih diperlukan lebih banyak studi.

    10 Bahan Herbal yang Bisa Membantu Turunkan Hipertensi

    Di sisi lain, menambahkan kemangi segar ke dalam makanan Anda itu mudah dan tentunya tidak ada salahnya. Simpan pot kecil ramuan di kebun dapur Anda dan tambahkan daun kemangi segar ke dalam pasta, sup, salad, casserole, atau masakan lainnya.

    2. Kayu manis

    Kayu manis merupakan bumbu lezat lainnya yang membutuhkan sedikit usaha untuk dimasukkan ke dalam makanan harian Anda. Kabar baiknya, kayu manis dapat menurunkan tekanan darah Anda.

    Satu studi yang dilakukan pada hewan pengerat menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis menurunkan onset mendadak dan tekanan darah tinggi yang berkepanjangan. Namun, ekstrak itu diberikan secara intravena. Tidak jelas apakah kayu manis yang dikonsumsi secara oral juga efektif.

    Anda bisa memasukkan lebih banyak kayu manis ke dalam makanan Anda dengan menaburkannya di sereal sarapan Anda, oatmeal, dan bahkan di kopi Anda. Untuk makan malam, kayu manis meningkatkan rasa pada masakan tumis, kari, hingga semur.

    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id