Cara Membantu Orang yang Terkena Dampak Covid-19

    Raka Lestari - 19 Maret 2020 06:02 WIB
    Cara Membantu Orang yang Terkena Dampak Covid-19
    Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu orang yang terkena dampak covid-19. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Pada 11 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan kasus covid-19 telah menjadi pandemi. Dan meskipun perlindungan untuk kesehatan dan keselamatan diri sendiri tetap harus menjadi prioritas utama, banyak orang dan organisasi memanfaatkannya untuk memberikan dukungan.

    Jika Anda ingin membantu orang yang terkena dampak dari kasus covid-19, dapat mempertimbangkan untuk menyumbang, menjadi sukarelawan, atau bahkan mengirim pesan positif.

    Dilansir dari Bustle, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu orang yang terkena dampak covid-19:

    Mencegah misinformasi mengenai covid-19

    Ketika krisis global terjadi, mudah sekali untuk mendapatkan informasi yang salah atau menyesatkan. Jika kita tidak rajin mengikuti perkembangan pelaporan faktual, atau kita mengandalkan sumber tidak resmi, kita berisiko menyebarkan tidak hanya informasi yang tidak akurat, tetapi juga mempromosikan mentalitas xenophobia. 

    The New York Times, saat ini menyediakan update secara langsung mengenai informasi covid-19 yang akurat dan selalu update secara berkala.

    Mengirim pesan untuk memberikan dukungan kepada mereka yang sedang diisolasi

    Hampir 50 juta orang yang terinfeksi covid-19 atau dalam pengawasan sedang diisolasi, dikarantina dari keluarga dan teman-teman mereka. Anda dapat mengirim pesan dukungan dan cinta kepada orang-orang ini melalui media sosial, sehingga mereka dapat melihat bahwa masih ada harapan bagi mereka. Menurut BBC, "Stay strong Wuhan!" atau "Keep on going Wuhan"merupakan salah satu contoh yang bisa dilakukan.

    Membantu hewan yang ditelantarkan karena ketakutan terhadap covid-19

    Kombinasi pemilik hewan peliharaan yang sakit dan diisolasi menyebabkan ada banyak hewan peliharaan yang tidak terurus di Wuhan, Tiongkok. Dari kasus tersebut, maka bisa dilakukan kampanye atau adopsi hewan-hewan yang terlantar tersebut agar tidak kelaparan dan dibiarkan di jalanan.

    Bisa juga menggalang dana untuk membeli kebutuhan bagi hewan-hewan yang terlantar tersebut seperti makanan, minuman, atau kandang untuk mereka.

    Bertanggung jawab dan membantu mencegah penyebaran covid-19

    Menjaga kesehatan Anda sendiri adalah salah satu hal paling bertanggung jawab yang dapat Anda lakukan. Menurut CDC, cara terbaik untuk mempertahankan diri dari covid-19 adalah mencuci tangan secara teratur (terutama setelah berada di tempat umum) selama setidaknya 20 detik dengan sabun pembersih berbasis alkohol, tinggal di rumah jika Anda kesehatan menurun, dan hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id