6 Etiket untuk Pegiat Gym Pemula

    Sunnaholomi Halakrispen - 31 Mei 2020 10:00 WIB
    6 Etiket untuk Pegiat Gym Pemula
    Perhatikan enam hal ini ketika Anda baru pertama kali nge-gym. (Foto: Dok. Spencer Davis/Unsplash.com)
    Jakarta: Ada etiket olahraga di gym untuk para pemula. Bagi para pemula, mungkin terbesit pertanyaan tentang berapa lama untuk tetap menggunakan alat/mesin? Lalu, bisakah menggunakan lebih dari satu peralatan sekaligus, dan apakah boleh bertanya pada pria itu kapan dia akan selesai?

    Dilansir dari Cnet, aturan gym sendiri sama dengan aturan umum kehidupan, yakni bersihkan diri sendiri. Kemudian, bagikan perlengkapan saat diperlukan orang lain dan jangan bersikap menjengkelkan. Perhatikan hal-hal berikut ini ya:

    1. Kembalikan semuanya ke tempat semula

    Jangan tinggalkan jejak peralatan di belakang Anda. Dengan kata lain, Jika Anda menggunakan sesuatu, kembalikan setelah usai memakainya. Bahkan Anda belajar cara bertanggung-jawab merapikan peralatan sejak di taman kanak-kanan (TK).

    2. Jangan memonopoli peralatan

    Ketika berada di pusat kebugaran yang ramai, peralatan dianggap bagaikan emas. Terutama, untuk peralatan yang jumlahnya terbatas. Jika Anda akan berjongkok, maka jongkoklah seperlunya. Jangan membuat orang menunggu Anda terlalu lama untuk mengambil selfie yang sempurna atau hingga selesai berbicara dengan teman.

    3. Berbagi

    Apabila tidak ada orang di sekitar Anda, silakan gunakan apa pun barang yang Anda inginkan. Tetapi begitu orang mulai menumpuk, ingatlah untuk berbagi.

    4. Kebersihan peralatan

    Silakan bersihkan keringat Anda dari mesin, barbel, matras, dan apa pun yang Anda gunakan. Bahkan jika Anda tidak terlalu banyak berkeringat, tetap bersihkan. Ini adalah etika dasar olahraga dengan mengurangi noda kuman di seluruh peralatan.

    5. Hormati ruang pribadi

    Selain itu, hormati ruang pribadi. Ketika gym sedang ramai, terutama selama beberapa bulan pertama usai pandemi covid-19. Anda tetap harus berusaha menghargai ruang pribadi setiap orang.

    Bukan hanya tentang berolahraga dalam jarak yang tidak dekat dengan orang asing untuk menghindari penularan penyakit. Tetapi juga berbahaya karena misalnya satu upaya gagal pada overhead. Overhead bisa mematahkan kaki Anda berdua.

    6. Hargai waktu orang lain

    Satu hal lagi yang tak kalah penting, yakni hargai waktu orang. Orang-orang pergi ke gym untuk berolahraga, dan kebanyakan waktu orang terbatas. Maka, hindari mengobrol dengan orang lain, meskipun dia teman Anda. 

    Begitu pula sebaliknya. Segera beri tahu orang lain ketika mereka terlalu banyak bicara. Jika seseorang menghabiskan waktu Anda di gym, tidak apa-apa untuk mengatakan, "Senang berbicara dengan Anda, tapi maaf saya mau berolahraga lagi."


    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id