Tips Jika Ingin Bepergian ke Pantai di Masa Pandemi

    Raka Lestari - 21 Juni 2020 13:20 WIB
    Tips Jika Ingin Bepergian ke Pantai di Masa Pandemi
    Menurut CDC meskipun berada di pantai sebaikya Anda tetap harus melakukan jaga jarak 1-2 meter dari orang lain. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Pantai merupakan tempat favorit bagi banyak orang. Namun di masa pandemi seperti sekarang, pergi ke pantai bisa memiliki risiko untuk terpapar covid-19. Dan jika Anda tetap ingin pergi ke pantai, ada beberapa aturan yang harus dilakukan agar tetap aman selama berada di pantai.

    Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), meskipun berada di pantai sebaikya Anda tetap harus melakukan jaga jarak sekitar satu hingga dua meter dari orang lain. Dan jangan lupa untuk tetap menggunakan masker dan pakaian yang tepat ketika berada di pantai.

    Berdasarkan rekomendasi CDC, disarankan juga untuk menggunakan penutup wajah bagi para pengunjung dan staf yang bekerja di pantai. Penutup wajah ini harus dipakai ketika memungkinkan dan yang paling penting adalah menggunakan penutup wajah ketika sulit melakukan social distancing.

    Rekomendasi CDC juga menyarankan untuk tidak menggunakan masker atau penutup wajah tersebut ketika berada di dalam air. Hal ini karena masker kain atau penutup wajah bisa membuat seseorang kesulitan bernapas. Jika harus berada di dalam air, usahakan untuk melakukan jaga jarak dengan orang lain.

    Menurut CDC, risiko penyebaran virus di pantai akan tergolong rendah jika staf dan pengunjung pantai patuh terhadap protokol kesehatan seperti menjaga jarak dengan orang lain, tidak berbagi makanan, peralatan, mainan, atau barang-barang dengan orang lain yang Anda tidak tinggal bersamanya.

    Sedangkan jika staf dan pengunjung pantai tidak melakukan jaga jarak dengan orang lain dan melakukan kontak fisik dengan orang lain, berbagi makanan dan peralatan dengan orang lain, maka hal tersebut berisiko sangat tinggi untuk menyebabkan penularan covid-19.

    Salah satu rekomendasi yang bisa dilakukan oleh pengelola pantai adalah membatasi pengunjung dalam jumlah yang kecil. Selain itu, usahakan untuk mensosialisasikan penggunaan masker dan penutup wajah ketika sedang tidak di air. Dan usahakan untuk melakukan kontak dengan orang-orang yang satu rumah dengan para pengunjung saja.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id