Perbedaan Pilates dan Yoga

    Raka Lestari - 16 Mei 2020 06:03 WIB
    Perbedaan Pilates dan Yoga
    Pilates dan yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup banyak disukai oleh banyak orang, terutama wanita. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Pilates dan yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup banyak disukai oleh banyak orang, terutama wanita. Berlatih pilates dan yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Namun sayangnya, banyak orang yang masih belum memahami perbedaan antara yoga dan pilates.

    Jika Anda belum pernah melakukan Pilates atau yoga, mungkin sulit untuk mengetahui perbedaan keduanya. Menurut Gaby Noble, seorang ahli Pilates terkemuka dan pendiri Exhale Pilates London, menjelaskan, yoga lebih tentang spiritualitas dan nafas, sedangkan Pilates berfokus pada gerakan dan kekuatan yang penuh perhatian.

    Ia jga menambahkan bahwa yoga dan pilates pada dasarnya menggabungkan kombinasi yang kuat antara tubuh, pikiran dan jiwa. Menurut Jill Simpson, pendiri yoga, Pilates, balet, dan studio barre Ebb & Flow mengatakan, “Perbedaan antara keduanya terletak pada sisi spiritual yang ada pada kelas yoga,” katanya seperti dilansir Thelist.

    Zoe Bertali, seorang guru yoga menjelaskan, yoga adalah sistem manajemen kesehatan terpadu yang menggunakan napas, gerakan, dan meditasi untuk menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa. "Yoga juga memasukkan unsur-unsur filsafat, sains, dan cara hidup secara etis,” ucapnya.

    Dan untuk kelas yoga, ada berbagai jenis yang dapat dipilih, seperti restoratif, yang berfokus pada peregangan dan relaksasi, atau vinyasa, yang merupakan aliran cepat yang menyatukan napas dan gerakan.

    Pilates sangat menekankan kekuatan. "Joseph Pilates, seorang ahli anatomi Jerman, menciptakan sistem latihan ini pada awal abad ke-20 untuk memperkuat, meregangkan, dan menciptakan keseimbangan dalam tubuh," ujar Amy Nelms, pendiri Flatiron Pilates di New York.

    Sonja Herbert, seorang instruktur Pilates dan pendiri Black Girl Pilates, menjelaskan bahwa pilates adalah metode latihan seluruh tubuh yang memperkuat dan menstabilkan inti tubuh, yang merupakan fondasi Anda sehingga Anda bisa bergerak secara efisien saat meningkatkan postur tubuh Anda, fleksibilitas, dan mobilitas. Dan untuk kelas pilates, umumnya hanya ada dua kelas yang berbeda. Pilates reformer, yang menggunakan alat yang disebut reformer. Atau mat pilates yang menggunakan tikar khusus.

    Baik pilates maupun yoga adalah bentuk olahraga low-impact yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mental Anda. untuk mengetahui mana yang cocok untuk Anda, sebaiknya cobalah terlebih dahulu melakukan keduanya kemudian tentukan mana yang sesuai untuk Anda.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id